This is an outdated version published on 2012-10-15. Read the most recent version.

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.841

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang valid dan praktis untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP, dan mengetahui efek potensialnya  terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model Tessmer yang terdiri dari 3 tahap yaitu  self evaluation, prototyping, dan field test. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes. Dari hasil pengembangan ini diperoleh perangkat pembelajaran (RPP, LKS dan tes) materi prisma dan limas berbasis kontekstual yang dapat dikategorikan valid dan praktis, serta memiliki potensial efek dalam mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP yang selama ini belum ditumbuhkan dan dibiasakan.

 

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Konstekstual, Berpikir Kritis Matematis, Siswa

SMP

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-10-15

Versions

How to Cite

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. (2012). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i02.841