Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Beliefs Siswa Pada Pembelajaran Open-Ended Dan Konvensional

  • Desti Wahyuni
  • Nyayu Masyita Ariani
  • Ali Syahbana

Abstract

Abstrak

 

Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan beliefs siswa menyebabkan rendahnya hasil pembelajaran matematika siswa. Oleh karena itu untuk menumbuhkan keduanya dapat dilakukan pembelajaran melalui pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan beliefs siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dan Konvensional di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Bengkulu. Dengan teknik acak, diperoleh bahwa siswa kelas VIII A  sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended sementara kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah matematis dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis, sedangkan data beliefs dikumpulkan melalui angket. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended berbeda dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan pembelajaran konvensional. Kemudian beliefs siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended juga berbeda dengan beliefs siswa pada pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematis, beliefs, pendekatan open-ended, konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-15
How to Cite
Wahyuni, D., Ariani, N. M., & Syahbana, A. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Beliefs Siswa Pada Pembelajaran Open-Ended Dan Konvensional. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1406