Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Strategi Metakognitif

Authors

  • Ali Syahbana

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1574

Abstract

ABSTRAK

 

Materi matematika yang abstrak memerlukan suatu teknik dalam penyampaiannya kepada anak didik, agar materi tersebut dapat diterima dan dipahami dengan baik, khususnya mata kuliah metode numerik yang materinya cenderung abstrak dan mengandung langkah-langkah pengerjaan yang panjang dan berulang. Perlu diterapkannya suatu strategi yang dapat membantu mahasiswa dalam merencanakan, memantau, dan mengevaluasi proses berpikirnya. Dalam hal ini perlu diterapkannya strategi metakognitif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Melalui penelitian ini, setelah diterapkannya strategi metakognitif dalam pembelajaran metode numerik, maka aktivitas mahasiswa dalam setiap siklusnya makin meningkat. Mereka makin terbiasa untuk merencanakan, memantau, dan mengevaluasi proses berpikirnya. Begitu juga dengan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang makin meningkat, pada setiap siklus kemampuan pemahaman matematis mereka baik secara keseluruhan maupun perindikatornya terus meningkat. Dan tindakan dihentikan pada siklus III, karena seluruh kriteria keberhasilan yang dituju telah tercapai.

Kata kunci : kemampuan pemahaman matematis, mahasiswa, strategi metakognitif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-10-15 — Updated on 2013-10-15

Versions

How to Cite

Syahbana, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Melalui Penerapan Strategi Metakognitif. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1574