MENGAPA ANAK SD CENDERUNG DISURUH MENGHAPAL OPERASI PERKALIAN DARIPADA OPERASI PENJUMLAHAN ?

Authors

  • Ali Syahbana

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.608

Abstract

Dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, pada pembelajaran topik perkalian, biasanya para siswa selalu disuruh gurunya untuk menghapalkan perkalian bilangan dalam batas tertentu. Hal ini sudah menjadi kebiasaan sejak lama dalam pembelajaran matematika. Bagi anak pada tingkat sekolah dasar, proses berpikir dalam mengalikan bilangan lebih tinggi tingkatannya daripada proses berpikir dalam menjumlahkan bilangan. Artinya bagi siswa sekolah dasar, proses pengerjaan operasi perkalian memerlukan abstraksi yang lebih tinggi dari operasi penjumlahan. Proses mengabstraksi perkalian pun perlu melalui tahap abstraksi penjumlahan dulu. Dengan demikian, tindakan guru sekolah dasar yang menyuruh muridnya untuk menghapalkan perkalian dianggap wajar dan patut diteruskan, karena membantu proses pembelajaran selanjutnya yang lebih tinggi. Bahkan kebiasaan menghapal perkalian ini akan berguna untuk pembelajaran matematika pada tingkat selanjutnya (SMTP, SMTA, dan perguruan tinggi).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2011-10-15 — Updated on 2011-10-15

Versions

How to Cite

Syahbana, A. (2011). MENGAPA ANAK SD CENDERUNG DISURUH MENGHAPAL OPERASI PERKALIAN DARIPADA OPERASI PENJUMLAHAN ?. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.608