PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Authors

  • Ali Syahbana

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.604

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan diajar dengan menggunakan Pendekatan Konvensional, perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari level siswa, serta interaksi antara pendekatan pembelajaran dan level pengetahuan awal matematika siswa dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode penelitian terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap persiapan, meliputi pembuatan dan pengembangan instrumen, penyiapan perangkat pembelajaran, validasi instrumen dan perangkat pembelajaran, ujicoba instrumen, dan perbaikan instrumen; (2) tahap pelaksanaan, meliputi pemilihan sampel, melakukan tes PAM, melakukan pretes, menerapkan pembelajaran, dan melakukan postes; (3) tahap analisis data hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes. Nilai gain diperoleh dari rumus Meltzer dengan hasil : untuk kelas eksperimen nilai gain minimum = -0,60 dan maksimum = 1, sedangkan untuk kelas kontrol nilai gain minimum = -0,20 dan maksimum = 1. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara yang pembelajarannya menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan menggunakan Pendekatan Konvensional, (2) terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa pada level pengetahuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah, dan (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan level pengetahuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-04-15 — Updated on 2012-04-15

Versions

How to Cite

Syahbana, A. (2012). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.604