This is an outdated version published on 2017-09-06. Read the most recent version.

Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Strategi Pembelajaran PQ4R Pada Materi Himpunan Kelas VII Smpn 11 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3873

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk LKS matematika berbasis pendekatan saintifik dan strategi pembelajaran PQ4R pada materi himpunan di kelas VII SMP serta untuk mengetahui apakah LKS berbasis pendekatan saintifik dan strategi pembelajaran PQ4R pada materi himpunan  kelas VII SMP memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini mendesain LKS, pemberian tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pemberian angket untuk mengetahui hasil respon siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian ahli materi dan desain terhadap LKS, angket tanggapan guru, siswa dan lembar observasi, tes hasil belajar dan angket respon siswa pada uji coba pemakaian. Proses pengembangan lembar kerja siswa yang telah dilakukan dilanjutkan dengan tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dengan kategori “Baik†dan ahli desain dengan kategori “Sangat Baikâ€. Tahap uji coba perorangan dengan  kategori “Sangat Baikâ€, uji coba kelompok kecil dengan kategori “Baik-Sangat Baikâ€, dan tahap uji coba kelompok besar dengan kategori “Baik-Sangat Baikâ€. Hasil observasi proses pembelajaran menunjukkan  kategori “Baikâ€. Selanjutnya lembar kerja siswa tersebut diujicoba pada uji pemakaian. Dari hasil analisis yang dilakukan hasil dengan respon sangat positif dan tes hasil belajar diperoleh 86,49% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-06

Versions

How to Cite

Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Dan Strategi Pembelajaran PQ4R Pada Materi Himpunan Kelas VII Smpn 11 Kota Jambi. (2017). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 37-43. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3873

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>