PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI

Authors

  • Junsella Harmony
  • Roseli Theis

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.598

Abstract

Beberapa area dari pemecahan masalah matematika berhubungan dengan kemampuan spasial. Adanya konseptualisasi spasial yang baik merupakan aset untuk memahami konsep-konsep matematika.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan spasial yang dimiliki siswa kelas VII SMP N 9 Kota Jambi T.A 2009/2010 dan ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini adalah 30% hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari instrumen berupa tes kemampuan spasial, serta tes hasil belajar matematika siswa dalam bentuk tes objektif. Data yang diperoleh dianalisa dengan uji regresi linear.

Dari hasil analisa data kemampuan spasial siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi diperoleh bahwa dari 81 orang siswa SMP N 9 Kota Jambi sebagai sampel penelitian, 28 siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 42 siswa termasuk dalam kategori tinggi, 8 siswa termasuk dalam kategori sedang, dan 3 siswa termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII SMP N 9 Kota Jambi memiliki kemampuan spasial yang tinggi. Dari hasil uji regresi linear diperoleh persamaan regresi yaitu  yang berarti bahwa setiap kenaikan satu poin kemampuan spasial maka akan meningkatkan hasil belajar matematikanya sebesar 0,37 poin. Selain itu, untuk pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 8,295 dan ttabel = 1,997 sehingga diperoleh thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 9 Kota Jambi. Setelah melakukan pengujian hipotesis, diperoleh besarnya koefisien determinasi sebesar 46,55%  yang berarti bahwa kemampuan spasial berpengaruh sebesar 46,55% terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-04-15 — Updated on 2012-04-15

Versions

How to Cite

Harmony, J., & Theis, R. (2012). PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 KOTA JAMBI. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v2i01.598