Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Strategi PQ4R Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 8 Kota Jambi

Authors

  • Edumatica FKIP
  • Agustina . Guru Matematika SMP Negeri 8 Kota Jambi
  • Kamid . Dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4218

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Salah satu diantara beberapa  penyebab adalah strategi pembelajaran yang diterapkan guru belum melibatkan siswa secara aktif yang akhirnya berimbas pada rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dilkelas VIIB SMP Negeri 8 Kota Jambi bertujuan untuk mengetahui efek penggunakaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini  terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran,yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 56,58 dengan kriteria rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 76,28 dengan kriteria sedang. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa adalah 93,01 dengan kriteria sangat tinggi. Temuan lain dalam penelitian ini adalah adanya peningkatanhasil belajar pada aspek sikapdimana pada siklus I adalah 72,22%meningkat pada siklus II menjadi 80,56% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 91,67%. Sedangkan rata-rata hasil belajar pada aspek keterampilan pada siklus I adalah 69,4% meningkat pada siklus II menjadi 80,55% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 82,15%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIIB SMP Negeri 8 Kota Jambi pada pokok bahasan Bentuk-bentuk Aljabar.

 

Kata kunci: penelitian tindakan kelas, strategi PQ4R, berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-28 — Updated on 2017-11-28

Versions

How to Cite

FKIP, E., ., A., & ., K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Strategi PQ4R Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(02), 61-68. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4218

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>