Desain Pembelajaran Elpsa Pada Materi Pencerminan

Authors

  • edumatica FKIP
  • Rahmah Johar

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3622

Abstract

Beberapa  guru  mengajarkan  konsep  pencerminan  dengan  cara  yang abstrak. Akibatnya tidak semua siswa memahami dengan baik konsep
tersebut. Oleh sebab itu, perlu dirancang pembelajaran yang memberi kesempatan  kepada  siswa  melakukan  aktivitas  matematika,  salah
satunya  melalui  ELPSA  framework.  ELPSA  framework  terdiri  dari komponen  experience,  language,  pictorial,  symbol,dan  application.
Tulisan  ini  membahas  contoh  penerapan  ELPSA  framework  pada materi  pencerminan.  Pembelajaran  diawali  dengan  guru
mengeksplorasi  pengalaman  (experience)  siswa  ketika  bercermin. Setelah  itu  siswa  mengungkapkan  dengan  bahasa  (language)  sendiri
hubungan  jarak  benda  terhadap  cermin  dan  jarak  bayangan  terhadap cermin  dengan  bantuan  papan  berpaku,  yang  mengarah  pada  istilah  matematika.  Selanjutnya  melalui  gambar  (pictorial)  pada  koordinat kartesius,  siswa  menemukan  kesimpulan  dalam  bentuk  symbol  yang
abstrak tentang bayangan titik jika  dicerminkan terhadap garis. Untuk meningkatkan  kemampuan  berfikir  siswa,  siswa  mengaplikasikan
(application)  pemahaman  mereka  tentang  pencerminan  dengan menyelesaikan soal-soal yang „baru†yang lebih menantang.
Kata kunci: ELPSA Framework, Pencerminan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-09-06 — Updated on 2017-09-06

Versions

How to Cite

FKIP, edumatica, & Johar, R. (2017). Desain Pembelajaran Elpsa Pada Materi Pencerminan. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 49-59. https://doi.org/10.22437/edumatica.v6i02.3622

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>