Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Geometri Berbasisteori Belajar Van Hiele Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bungoro

Authors

  • Edumatica FKIP
  • Rahmat Kamaruddin STKIP Andi Matappa Pangkep
  • Vivi Rosida STKIP Andi Matappa, Pangkep
  • Busyrah Muchsin STKIP Andi Matappa Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4215

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika materi geometri berbasis teori belajar Van Hiele untuk mengembangkan karakter yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini terdiri dari empat komponen yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif berdasarkan penilaian validator dan hasil uji coba yang dilaksanakan. Kevalidan perangkat diukur berdasarkan penilaian hasil validasi para ahli yang memenuhi kriteria kevalidan, yaitu (1) RPP, (2) Buku Siswa (3) LKS dan (4) THB dengan dengan masing-masing Validitas isi lebih dari 75% atau V > 75%. Ini menunjukkan bahwa keempat komponen perangkat yang dihasilkan berada pada kategori valid atau inferensia yang dilakukan adalah sahih. Kepraktisan perangkat diukur berdasarkan lembar pengelolaan pembelajaran yang ditunjukkan dengan terpenuhinya setiap aspek yang berada pada kategori baik dan sangat baik. Keefektifan perangkat ditunjukkan dengan terpenuhinya 3 dari 4 indikator kefektifan yang ditetapkan, antara lain: (1) Persentase rata-rata kelulusan klasikal tes hasil belajar lebih dari 85%, (2) terpenuhinya 7 dari 9 kategori aktivitas siswa, (3) Semua siswa memberikan respon positif sebesar 100% dari tiap aspek yang direspon.

 

Kata Kunci:  Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pengembangan, Teori Van Hiele, Pendidikan Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-28 — Updated on 2017-11-28

Versions

How to Cite

FKIP, E., Kamaruddin, R., Rosida, V., & Muchsin, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Geometri Berbasisteori Belajar Van Hiele Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bungoro. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 30-38. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4215

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>