Penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran bahasa Indonesia

Main Article Content

Dini Apriliani

Abstract

Studi ini berfokus pada eksplorasi dampak dari implementasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam konteks pendidikan Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, studi ini berusaha untuk menggambarkan pengaruh AI dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber utama informasi yang digunakan dalam studi ini mencakup literatur, jurnal ilmiah, dan berita online yang relevan dengan topik penelitian. Proses pengumpulan data melibatkan pembacaan, penelaahan, dan pencatatan dari berbagai sumber literatur, jurnal ilmiah, dan berita online yang relevan dengan topik penelitian. Informasi ini kemudian disaring dan disusun dalam kerangka teoritis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi AI dalam pendidikan Bahasa Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa aspek negatif yang terkait dengan penggunaan AI dalam proses pembelajaran. Namun, dalam jangka panjang, AI dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam mendukung pendidikan Bahasa Indonesia, asalkan digunakan dengan bijak dan diintegrasikan dengan baik ke dalam sistem pembelajaran.


 


This study focuses on exploring the impact of Artificial Intelligence (AI) implementation in the context of Indonesian language education. Using a qualitative descriptive approach, this study seeks to describe the influence of AI in the Indonesian language learning process. The main sources of information used in this study include literature, scientific journals, and online news relevant to the research topic. The data collection process involved reading, reviewing, and recording from various literature sources, scientific journals, and online news relevant to the research topic. This information was then distilled and organized in a theoretical framework to draw conclusions. The results show that the implementation of AI in Indonesian language education has the potential to improve the efficiency and effectiveness of the learning process. Nevertheless, there are also some negative aspects associated with the use of AI in the learning process. However, in the long run, AI can be an invaluable tool in supporting Indonesian language education, provided it is used wisely and integrated well into the learning system.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Apriliani, D. (2024). Penggunaan artificial intelligence dalam pembelajaran bahasa Indonesia. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1). https://doi.org/10.22437/dikbastra.v7i1.33262
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.