Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati

Development of Audio-visual Learning Media Containing Science Literacy Using the Powtoon Application on Biodiversity Materials

Authors

  • Khafiza Sania Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
  • Ristiono Ristiono Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijah Selaras Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17011

Abstract

Scientific literacy is related to the ability of students to understand the process of the occurrence of science. In order to make it easier for students to improve scientific literacy skills, a media in learning is needed. Powtoon is an interesting application that can improve students' scientific literacy skills. The purpose of this research is to produce audio-visual learning media containing scientific literacy using the Powtoon application on biodiversity material for class X high school students. This research is research and development with the Instructional Development Institute (IDI) model. The research subjects were two lecturers from the Biology department, FMIPA UNP, one Biology teacher at the UNP Laboratory Development High School, and 32 students from class X MIA 1 SMA UNP Laboratory Development. The data obtained in this study are in the form of validity and practicality data. This research produces an Audio-visual Learning Media with Science Literacy Using Powtoon Application on Biodiversity Materials that is valid and practical.

Key words: Science Literacy, Powtoon, IDI

 

Abstrak. Literasi sains berkaitan dengan kemampuan peserta didik dalam memahami proses terjadinya ilmu pengetahuan. Agar memudahkan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi sains diperlukan sebuah media dalam pembalajaran. Powtoon merupakan aplikasi menarik yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran audio-visual bermuatan literasi sains menggunakan aplikasi powtoon  tentang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian adalah dua orang dosen dari jurusan Biologi FMIPA UNP, satu orang guru Biologi SMA Pembangunan Laboratorium UNP, dan 32 orang peserta didik kelas X MIA 1 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Data yang didapatkan dalam penelitian ini berupa data validitas dan praktikalitas. Penelitian ini menghasilkan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati yang valid dan praktis.

Kata kunci: Literasi Sains, Powtoon, IDI

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ramli. 2016. Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, ( 4)1.

Adam, S., dan Syastra, M. T. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2): 72-90.

Ait, K., Rannikmae, M., Soobard, R., and Holbrook, J. 1015. Students' Self-Efficacy and Values Based on A 21st Century Vision of Scientific Literacy – A Pilot Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 177: 491–495.

Alberida, H., Arsih, F., dan Fadilah, M. 2017. Rancangan Pembelajaran Gerak Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dan Literasi Sains. Jurnal Eksakta Pendidikan, 1(1): 24-32.

Alti, R. P., Lufri., Helendra., dan Yogica. R. 2021. Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains tentang Materi Keanekaragaman Hayati. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1):53-58.

Arwudarachman, Danizar. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 3 (3) : 237-243.

Asyhar, S. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Darussyamsu, R., Wahyuni, R. Fitri, R. Fadilah, M., Putri. H.D., dan Mukhtar, M. 2019. Senior High School Biology Teachers’ Perception towards Evolution Learning. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 5(2).

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewi, N.P., Rahmi, Y.L., Alberida, H., dan Darussyamsu, R. 2020. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan. 4(2).

Gustafson and Branch. 1997. Instructional Design-The ADDIE Aprouch. New York: Spinger.

Hidayati, H., Alberida, H., Arsih, F., dan Selaras, G. H. 2021. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Solving pada Materi Bakteri untuk Kelas X SMA/MA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4 (3): 343-349.

Khairani, M., Sutisna., dan Suryanto, S. 2019. Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, 2(1): 158-166).

Khairini, R., Yogica, R. 2021. Uji Validitas Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5(3).

Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mun’im. A., Sudarto., dan Mahfud, M. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas. Jurnal IPA Terpadu, 1(2): 78-85.

Pane, A., dan Muhammad D.D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2).

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (2016). Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta, Indonesia: Kemendikbud.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Yogyakarta:DIVA Press.

Purwanto, M. N., 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Qurrotaini, L., Sari, T. W., & Sundi, V. H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, E-ISSN: 27, 7.

Rahmah, N. 2013. Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khwarizmi, (1)1: 43-48.

Ramadanti, E. C. 2020. Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Tawadhu, 4(1) : 1053-1062.

Shah, S. A. 2013. Making the Teacher Relevant and Effective in a Technology-Led Teaching and Learning Environment. Procedia - Social and Behavioral Sciences. 103: 612-620.

Sultan, A. A., Henson, H., and Lickteing, D. 2021. Assessing preservice elementary teachers’ conceptual understanding of scientific literacy. Teaching and Teacher Education. Vol 102.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M. dan Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 110-116. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.253

Yuliati, Y., 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2): 21-28.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Sania, K., Yogica, R., Ristiono, R., & Selaras, G. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati: Development of Audio-visual Learning Media Containing Science Literacy Using the Powtoon Application on Biodiversity Materials. BIODIK, 8(1), 109 - 119. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17011

Issue

Section

Articles