Validitas Media Presentasi Menggunakan Microsoft Sway Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik SMA

(Validity of Presentation Media Using Microsoft Sway Contained Contextual Approach on Ecosystem Materials for High School Students)

Authors

  • Milga Dara Ayunda Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
  • Ristiono Ristiono Universitas Negeri Padang
  • Sa’diatul Fuadiyah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20308

Abstract

Various learning media are needed by students. The purpose of this research is to produce presentation media using Microsoft Sway containing a contextual approach to valid ecosystem materials. This type of research is Research and Development (R&D) development research with the development model used, namely the ADDIE development model, consisting of the Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate stages. However, this research is limited only to the Develop stage. The data collection of this research is primary data in the form of data obtained directly through the provision of instruments in the form of a validation questionnaire. Based on the results of the study, it was found that the average validation value was 94,21% with very valid criteria that had met the feasibility aspects of content, linguistic aspects, presentation aspects, and graphic aspects. Therefore, it can be concluded that the presentation media using Microsoft Sway containing a contextual approach to ecosystem materials for high school students was declared valid.

abstrak. Media pembelajaran yang variatif sangat dibutuhkan oleh peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media presentasi menggunakan microsoft sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi ekosistem yang valid. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahapan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Namun penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Develop. Pengambilan data penelitian ini adalah data primer berupa data yang didapat secara langsung melalui pemberian instrumen berupa angket validasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil rata-rata nilai validasi sebesar 94,21% dengan kriteria sangat valid yang telah memenuhi aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikaan. Maka dari itu dapat disimpulkan, bahwa media presentasi menggunakan microsoft sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi ekosistem untuk peserta didik SMA yang dikembangkan dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35-49. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Agustiningsih, A. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50-58. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arsal, M., Danial, M., dan Hala, Y., (2019). "Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 BARRU" Prosiding Seminar Nasional Biologi VI: Harmonisasi Pembelajaran Biologi pada Era Revolusi 4.0, 2019, 434–442.

Azaly, Q. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 218-227. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p218-227

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media pembelajaran ilustratif e-book tipe flipbook pada materi sistem imun untuk melatihkan kemampuan membuat poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40-51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Belawati. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Branch, R.M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Huda, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Sejarah Melalui Aplikasi Sway Berkonten Indis Di SMP Negeri 8 Madiun. Jurnal HISTORIA, 5(2), 125-141. http://dx.doi.org/10.24127/hj.v5i2.865

Khaira, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi kinemaster sebagai media pembelajaran berbasis ICT. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 39-44). FBS Unimed Press.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Marwatoen, F. (2015). Pengaruh Media Presentasi Dan Komik Dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 3(2), 71-79. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i2.976

Nurhaedah. (2012). IbM Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru di SDN Impres Bira 2 Bontoa Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(2), 153-159. ttps://doi.org/10.26858/publikan.v2i2.1417

Nurmadiah, N. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 2(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v2i2.93

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan booklet hasil inventarisasi tumbuhan obat sebagai media pembelajaran pada materi manfaat keanekaragaman hayati. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 2(2), 83-88. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i2.12389

Purwanto, Ngalim M. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Saheriestyan, P., Nurita, P., & Elissyariful, H. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Tema Peristiwa Alam melalui Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Pembelajaran Microsoft Sway di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2749 – 2759. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.919

Sari, B. K. (2017). “Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsawâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Desain Pembelajaran Di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan, 87-102.

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2).

Sudarisman, S. (2013). Implementasi Pendekatan Kontekstual Dengan Variasi Metode Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2506

Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(4), 346-352. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.23

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Veronika, F. (2021). Pengembangan Pembelajaran Online Berbasis Microsoft Sway untuk Meningkatkan Prestasi Belajar (Studi Pengembangan pada Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 147-156. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18378

Wahyuni, N. (2018). Peran Pendidikan Vokasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menghadapi Tantangan Zaman. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 4(2), 137-147. https://doi.org/10.30738/keluarga.v4i2.5173

Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1). http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i1.2801

Yulianti, Achmad, B., & Yanuar, H. M. (2017). Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 231-242. http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.859

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan media Lectora Inspire dengan pendekatan kontekstual pada Siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.33373/pythagoras.v5i2.463

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Ayunda, M. D., Yogica, R., Ristiono , R., & Fuadiyah, S. (2023). Validitas Media Presentasi Menggunakan Microsoft Sway Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik SMA: (Validity of Presentation Media Using Microsoft Sway Contained Contextual Approach on Ecosystem Materials for High School Students). BIODIK, 9(2), 117-125. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20308

Issue

Section

Articles