Validitas E-Modul Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik di SMA

(Validity of Interactive E-Modules Using Smart Apps Creator Containing Contextual Teaching and Learning about Ecosystem Materials for High School Students)

Authors

  • Elsa Suci Ramanda Universitas Negeri Padang
  • Relsas Yogica Universitas Negeri Padang
  • Rustiono Rustiono Universitas Negeri Padang
  • Ganda Hijrah Selaras Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20225

Abstract

The development of Science and Technology (IPTEK) provides changes in the field of education, especially in the learning media used. Now learning media can be presented in digital form which provides opportunities for students to learn independently, one of these media is e-module. E-modules are teaching materials that are packaged in digital form and presented in a more interactive form. The purpose of this study was to determine the validity of interactive e-modules using Smart Apps Creator containing a contextual teaching and learning about ecosystem materials for high school students. This research is a development research with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects were 2 Biology lecturers, FMIPA UNP, 1 Biology teacher at SMAN1 Payakumbuh. The data obtained in this study are in the form of observation data and validity data. This research produces an Interactive E-Modul Using Smart Apps Creator with a contextual approach to Ecosystem Materials for High School Students.

abstrak. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memberikan perubahan pada bidang pendidikan terutama pada media pelajaran yang digunakan. Sekarang media pelajaran bisa disajikan dalam bentuk digital yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar secara mandiri, satu diantara media tersebut adalah e-modul. E-modul merupakan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk digital dan sajikan lebih dalam bentuk yang lebih interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas e-modul interaktif menggunakan Smart Apps Creator bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi ekosistem untuk peserta didik di SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 2 orang dosen Biologi  FMIPA UNP, 1 orang guru Biologi SMAN1 Payakumbuh. Data didapatkan dalam penelitian ini berupa data observasi dan data validitas. Penelitian ini menghasilkan E-Modul Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Bermuatan Pendekatan kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik di SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia. (2021). “Pengembangan Multimedia dengan Smart Apps Creator dalam Pembelajaran Al- Qira’ah di IAIN Pekalonganâ€. Tesis. IAIN Pekalomgan, Yogyakarta, Indonesia, 23 Desember 2021.

Depdiknas. (2005). Pedoman Penulisan Buku Pelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dharmayanti, P., Zulyusri., Siska A.F., dan Ristiono. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Pendekatan Kontekstual tentang Materi Prostista untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Atrium Pendidikan Biologi, 4(1): 189-199.

Gustinasari, M., Lufri., dan Ardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA. Bioeducation Journal, 1(1): 60-73.

Herawati, N S., dan Ali, M. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) I nteraktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2): 180-191.

Hermawan, Y. C., Wikanti I. J., dan Hendro W. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA, 10(1): 34-44.

Hersandi, M., I Ketut M., dan Nuriman. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Bentuk Brosur untuk Pembelajaran IPA di SMP Ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 2(1): 57-64.

Hidayat, R. dan Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI

Khasanah., Maulana M., dan Lisna M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Smart Apps Creator (SAC) Bagi Karyawan Penjual Pada TV Berbayar. Akademika, 9(2): 129-142.

Mulyani, F., dan Nur, H. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(2): 101-109.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mutia, N.A.R., Rahmadhani F. & Ganda H.S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Pendekatan Kontekstual tentang Materi Sistem Koordinasi untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Atrium Pendidikan Biologi, 5(1): 75-82.

Norra, B. I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Guided Inquiry Materi Tumbuhan Berbiji Pada Siswa SMK Farmasi Nusaputera. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 1(1): 27-33.

Paramita, R., Rqiah G.P.P., dan Eka A. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 2(2): 83-88.

Prasetyawati, P. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Dalam Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri Se Kota Palu. e Jurnal Katalogis, 4(10): 130-137.

Prastowo, A. (2014). Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Pernadamedia Group.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.

Shofiya, S. dan Septi, B. S. (2020). Peran Guru IPA SMP Sebagai Fasilitator dalam Kegiatan Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2): 112-117.

Solekhah, I., Nur, K., dan Anif, R. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bercerita Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Ekosistem. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2(1): 40-51.

Sukoco,. Zainal A., Sutiman., dan Muhkamad W. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Peserta Didik Mata Pelajaran Teknik Kendaraan Ringan Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2): 215-226.

Sumiati W., Dina, O. dan Anggria, S. M. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contekstual Teaching and Learning. JNPM, 5(2): 389-402.

Sungkono. (2008). Pemilihan dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(4): 71-80.

Suratni dan Jimmy J. (2014). Penelaahan Buku Teks Pelajaran Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Aspek Kelayakan Isi, Penyajian, Bahasa, Dan Kegrafikaan. Jurnal Publipreneur, 2(3): 15-30.

Yogica, R., Lufri, dan Ramadhan S. (2014). Efektivitas Modul Bergambar Disertai LKS Berorientasi konstruktivistik Terhadap Proses dan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1): 65-73.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).

Downloads

Published

2023-08-23

How to Cite

Suci Ramanda, E., Yogica, R., Rustiono , R. ., & Selaras, G. H. (2023). Validitas E-Modul Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Ekosistem untuk Peserta Didik di SMA: (Validity of Interactive E-Modules Using Smart Apps Creator Containing Contextual Teaching and Learning about Ecosystem Materials for High School Students). BIODIK, 9(2), 93-102. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.20225

Issue

Section

Articles