Rekonstruksi DKL Materi Pteridophyta: Fenetik sebagai Sebuah Pendekatan

(Reconstruction of Practical Activity Design on Pteridophyta Materials: Phenetics as an Approach)

Authors

  • Pipin Puja Lestari biologi
  • Sri Anggraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13037

Abstract

Education 4.0 focuses on improving 21st century skills, one of which is science process skills, especially communication skills on Pteridophyta material. However, the existing DKL as practicum support is not optimal. The purpose of this study was to analyze the quality of DKL on pteridophyta (ferns) materials used in schools in recent curricula covering aspects of curriculum relevance, competence, and knowledge construction. Then a trial was conducted on one of the DKL. The findings from the analysis and trials became the basis for the reconstruction of Pteridophyta DKL. The results of the research show that the existing DKL still has not developed higher-order thinking skills, and there are still few concepts formed. The results of the DKL reconstruction use a phenetic approach to make it more effective and representative according to the demands of the applicable KD and develop communication skills.

Abstrak.Pendidikan 4.0 berfokus pada peningkatan keterampilan abad ke-21, salah satunya keterampilan proses sains pada materi pteridophyta. Namun DKL yang ada sebagai penunjang praktikum belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas DKL pada materi pteridophyta (tumbuhan paku) yang digunakan di sekolah dalam beberapa kurikulum terakhir, dengan menggunakan instrumen analisis kegiatan laboratorium meliputi aspek relevansi kurikulum, kompetensi, dan konstruksi pengetahuan. Lalu dilakukan uji coba pada salah satu DKL. Temuan dari analisis dan uji coba menjadi dasar rekonstruksi DKL pteridophyta. Hasil penellitian menunjukan bahwa DKL yang ada masih belum  mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan masih minimya konsep yang terbentuk. Hasil rekonstruksi DKL menggunakan pendekatan fenetik agar lebih efektif dan representatif sesuai tuntutan KD yang berlaku dan mengembangkan keterampilan proses sains.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrahams, I., & Millar, R. (2008). Does practical work really work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14), 1945–1969. https://doi.org/10.1080/09500690701749305

Ekselsa, R. A., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (n.d.). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Rekonstruksi dan Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Plantae Submateri Spermatophyta dengan Pendekatan Keterampilan Proses (Reconstruction and Development of Student Worksheets on the Spermatophyta Submater. https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Hidayat, T. (2017). Menggairahkan pembelajaran taksonomi di kelas menggunakan metode fenetik. Tersedia: Https://Www. Researchgate. Net/Publication …, February. https://www.researchgate.net/profile/Topik_Hidayat/publication/313525815_Menggairahkan_pembelajaran_taksonomi_di_kelas_menggunakan_metode_fenetik/links/589d5c1192851c599c975c4d/Menggairahkan-pembelajaran-taksonomi-di-kelas-menggunakan-metode-fenetik.pdf

Laelasari, I., & Supriatno, B. (2018). Analisis komponen penyusun desain kegiatan laboratorium bioteknologi [Universitas Ahmad Dahlan, Kampus 3]. In JURNAL BIOEDUKATIKA (Vol. 6, Issue 2). https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i2.10592

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 [STT BNKP Sundermann]. In SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Murni, R. L. F., Harlita, & Widoretno, S. (2017). Penerapan Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Interpretasi Data Siswa Kelas XI IPA 4 Tahun Pelajaran 2016 / 2017 pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 355–360. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/18812

Novak, J., Gowin, D., & Kahle, J. (1984). Learning How to Learn. Cambridge: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139173469

Oktaviani, F., & Hidayat, T. (2015). Profil Keterampilan Berkomunikasi Siswa Sma Menggunakan Metode Fenetik Dalam Pembelajaran Klasifikasi Arthropoda. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 15(1), 13. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i1.288

Sisri, E. M., Anggraeni, S., Supriatno, B., Studi, P., Biologi, P., & Keguruan, F. (n.d.). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Analisis dan Rekonstruksi Lembar Kerja Siswa Materi Spermatophyta Dengan menerapkan Analisis Fenetik (Analysis and Reconstruction of Practical Work Spermatophyta Material By applying Phenetic Analysis). https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803

Wahidah, N.S, Suptriatno, B, Kusumastuti, M. N. (2018). Analisis Struktur dan Kemunculan Tingkat Kognitif pada Desain Kegiatan Laboratorium Materi Fotosintesis. 7260(2), 70–76.

Downloads

Published

2021-09-16

How to Cite

Lestari, P. P., Sri Anggraeni, & Bambang Supriatno. (2021). Rekonstruksi DKL Materi Pteridophyta: Fenetik sebagai Sebuah Pendekatan: (Reconstruction of Practical Activity Design on Pteridophyta Materials: Phenetics as an Approach). BIODIK, 7(3), 36-45. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13037

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>