Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir

(Analysis of the Obstacles of Online Learning During the Covid-19 Pandemic on IPA Subjects at SMPN 1 Bayung Lencir)

Authors

  • Muhamad Sholichin Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang
  • Abdul Razak Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12926

Abstract

This study aims to determine the obstacles to online learning at SMP Negeri 1 Bayung Lencir during the Covid-19 pandemic in science subjects. Changes in learning methods that were originally carried out face-to-face to online learning experienced several obstacles starting an unstable internet network, an inadequate internet quota so that students' lack of understanding of the subject matter provided. This type of research is a descriptive survey research with a qualitative approach, the data of this study were obtained from students of class VIII and IX. The data collection technique in this study was a questionnaire while the instrument used in this study was an online questionnaire distributed through the WhatsApps application. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis. The results showed that the constraints most experienced by the students of SMP Negeri 1 Bayung Lencir were the lack of internet quota and an unstable internet network.

Abstrak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pembelajaran online di SMP Negeri 1 Bayung Lencir selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPA. Perubahan metode pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran online mengalami beberapa kendala memulai jaringan internet yang kurang stabil, kuota internet yang kurang memadai sehingga kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pelajaran yang diberikan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data penelitian ini diperoleh dari siswa kelas VIII dan IX. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) sedangkan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (kuesioner) online yang disebarkan melalui aplikasi WhatsApps. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang paling banyak dirasakan oleh peserta didik SMP Negeri 1 Bayung Lencir adalah kendala kurangnya kuota internet dan jaringan internet yang tidak stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. 10(2).

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. 2(4), 697–709.

Amalia, R. U., Isnaeni, B., & Hanafi, Y. (2020). ANALISIS KENDALA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MATERI BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 BANTUL. 5, 10–15.

Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i1.6925

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Eskploratif, S. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. 1(2), 15–23.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … .. 8(1), 496–503.

Harapan, U. P. (2020). Universitas muhammadiyah enrekang. 2, 1–12.

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications.

Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771

Pada, M., & Pandemik, M. (2020). Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 03(2), 207–213.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173.

Downloads

Published

2021-06-10 — Updated on 2020-06-10

Versions

How to Cite

Sholichin, M. ., Zulyusri, Z., Lufri, L., & Razak, A. . (2020). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir : (Analysis of the Obstacles of Online Learning During the Covid-19 Pandemic on IPA Subjects at SMPN 1 Bayung Lencir). BIODIK, 7(2), 163-168. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12926 (Original work published June 10, 2021)

Issue

Section

Articles