Meta-Analisis Validitas Media Pembelajaran Komik Digital pada Pembelajaran Biologi

(Meta-Analysis of the Validity of Digital Comics Learning Media on Biology Learning)

Authors

  • Berlian Anggraini Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.27772

Abstract

The development of information and communication technology requires education to help students adapt by mastering various skills to succeed in the learning process. Learning media can be interpreted as a forum for delivering messages containing learning materials so that the goals of the learning process are achieved. Digital comics function as well as a visual communication tool between students and teachers in delivering learning materials. Data collection is carried out by reviewing and analyzing articles from journals related to digital comic learning media. The samples used were 10 journals related to the development of digital comic learning media. The results of the research meta-analysis were for digital comics learning media obtained and average score of 87,56% with a very valid category.

abstrak. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut pendidikan untuk membantu peserta didik beradaptasi dengan menguasai berbagai keterampilan agar berhasil dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran bisa diartikan sebagai wadah penyampai pesan yang berisi materi pembelajaran sehingga tujuan dari peroses pembelajaran tercapai. . Komik digital difungsikan dengan baik sebagai alat komunikasi visual antara peserta didik dan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. . Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis artikel-artikel dari jurnal yang berhubungan dengan media pembelajaran komik digital. Sampel yang digunakan adalah 10 jurnal yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran komik digital. Hasil meta-analisis penelitian adalah untuk media pembelajaran komik digital didapatkan rata-rata nilai sebesar 87,56% dengan kategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p43--59

Ahmad, A., Zulhajji, & Fathahillah. (2023). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMP Negeri 1 Maiwa. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 2(2), 1–6.

Ayu Masfufah, R., Khomsin Muyasyaroh, L., Maharani, D., Dheo Saputra, T., Astrianto, F., & Permatasari Kusuma Dayu, D. (2022). Media Pembelajaran Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP Banjarmasin, 347–352.

Chandra, E. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Biologi (Meta Analisis Terhadap Penelitian Eksperimen dalam Pembelajaran Biologi). Holistik: Journal for Islamic Social Science, 12(1), 103–127.

Dasi, N. L. K. D., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 356.

Devista, J. R., & Kadafi, T. T. (2021). Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital. Jurnal Pendidikan, 30(2), 153. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531

Habib, A., Made Astra, I., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. http://www.journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319/306

Haka, N. B., & Suhanda. (2018). Pengembangan Komik Manga Biologi Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas XI di Tingkat SMA/MA. Journal of Biology Education, 1(1), 11–13.

Irfana, N., Sri Iswari, R., & Putut Martin, F. H. (2017). Pengembangan Komik Manga Biologi Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas XI di Tingkat SMA/MA. Journal of Biology Education, 6(3), 286–264. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

Khoiriah, S., Hamidah, A., & Aina, M. (2023). Pengembangan Komik Webtoon Sebagai Suplemen Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Untuk Siswa SMA. Edu-Sains , 12(1), 1–11.

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6, 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/13072

Lestiani, W., Thomas, O., CentauriFL, B., & Toendan, K. (2021). Pengembangan Media Komik Digital “Bahaya Virus” Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 130–131.

Lubis, M. A. (2017). The Using of Comic as a Teaching Material in Building Character of Elementary School Students. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(2), 246–258. http://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie

Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193

Novisca Wijaya, S., Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(2), 67–78. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Nuriyanti, F., Sartono, N., & Evriyani, D. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Komik Digital Pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 13 Jakarta. BIOSFER, VII, 50–52.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah, Dan Tarbiyah, 03, 171.

Putri, K. E. (2020). Meta Analisis: Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 127–135.

Raneza, F., Widowati, H., & Santoso, H. (2022). Pengembangan Komik Digital dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 60–79. https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3168

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8, 112–122. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597/1196

Sumantri, A. B. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 146–167. http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah

Supartayasa, I. K. R., & Wibawa, I. M. C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46279

Syaferi, A., Hakim, N., Yudiyanto, Y., & Suhendi, S. (2022). Pengembangan Komik Digital COVID-19 Menggunakan Flip PDF Professional sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X SMA. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.17509/aijbe.v5i1.43479

Wulansari, D., Johari, A., & Asra, R. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Faktual pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa Kelas X SMA. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 42–50. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.15713

Zairana, L., Djulia, E., & Harahap, H. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Biologi Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(1), 099–109.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Anggraini, B., & Zulyusri, Z. (2023). Meta-Analisis Validitas Media Pembelajaran Komik Digital pada Pembelajaran Biologi: (Meta-Analysis of the Validity of Digital Comics Learning Media on Biology Learning). BIODIK, 9(4), 111-117. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i4.27772