Studi Literatur Implementasi Penerapan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) Peserta Didik
(Literature Study on the Implementation of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Based LKPD on Students' Critical Thinking Skills (KBK))
DOI:
https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18696Abstract
In 21st century skills, one of the important aspects for students is critical thinking. Aspects of critical thinking can help students to solve a problem. One of the learning media that can improve students' critical thinking skills is LKPD. The worksheets used are STEM-based. This research was conducted to determine the effect of implementing STEM-based worksheets on students' critical thinking skills. This type of research is a literature study method from several journals and articles searched on Google Scholar. There were 10 articles that were observed. The results showed that the application of STEM-based LKPD had an effect on students' KBK.
Key words: LKPD, STEM, Critical Thinking
ABSTRAK
Pada keterampilan abad 21 salah satu aspek yang penting bagi peserta didik adalah berpikir kritis. Aspek berpikir kritis dapat membantu peserta didik untuk memecahkan suatu masalah. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah LKPD. LKPD yang digunakan berbasis STEM. Penelitian ini dilakukan dengan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah metode study literature dari beberapa jurnal dan artikel yang dicari di google scholar. Artikel yang diamati tersebut ada 10 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis STEM berpengaruh terhadap KBK peserta didik.
Kata kunci: LKPD, STEM, Berpikir Kritis
Downloads
References
Almulla, M. A. 2020. The Effectiveneess of the Project-Based Learning (PjBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 1-6.
Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 33. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5434.
Bulu, V. R. & Femberianus, T. 2021. The Effectiveneess of STEM-Based PjBL on Student's Critikal Thinking Skills and Collaborative Attitude. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 219-228.
Dywan, A. A & Airlanda, G. S. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344-354.
Fithri, S., Tenri Pada*, A. U., Artika, W., Nurmaliah, C., & Hasanuddin, H. 2021. Implementasi LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 555–564. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20816
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604
Hasanah, Z., Pada, A. U. T., Safrida, Artika, W., & Mudatsir. 2021. Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. 2020 . Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576
Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055
Marlina, D., Kapur, K. S., Azzahra, N. I., & Desnita. 2019. Meta Analisis Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. 11(2), 1–8.
Permanasari, A. 2016. STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21†Surakarta, 22 Oktober 2016, 23–34.
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. 2018. Multimedia Interaktif Berbasis STEM pada Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 2, 1–15.
Ramli, R., Yohandri, Y., Sari, Y. S., & Selisne, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 10. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/405
Ritonga, S. & Zulkarnaini, Z. 2021. Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 75-81.
Santoso, S. H., & Mosik, M. 2019. Unnes Physics Education Journal Kefektifan LKS Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering and Mathematic ) untuk. Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248–253.
Sartika, D. 2019. Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. 3(3), 89–93.
Setiani, A., Hendri, M., & Rasmi, D. P. 2021. Persepsi Peserta Didik terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 287–293.
Silvia, A., & Simatupang, H. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2434
Simatupang, H., Sianturi, A., & M, N. A. 2019. Perkembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4), 170–177. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index eISSN:
Suardi, S. 2020. Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Berpikir Kritis, Kreatif Dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas Viia Smp Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 135. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.12557
Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 874. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618
Tureni, D., Febriawan, A., Fardha, R., & Buntu, A. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran STEM di Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 5 Palu. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 66–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pingki Lestari, Zulyusri Zulyusri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Authors who publish with Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi agree to the following terms:
- For all articles published in Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, copyright is retained by the authors and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensethat allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).