Studi Literatur Implementasi Penerapan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) Peserta Didik

(Literature Study on the Implementation of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Based LKPD on Students' Critical Thinking Skills (KBK))

Authors

  • Pingki Lestari Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18696

Abstract

In 21st century skills, one of the important aspects for students is critical thinking. Aspects of critical thinking can help students to solve a problem. One of the learning media that can improve students' critical thinking skills is LKPD. The worksheets used are STEM-based. This research was conducted to determine the effect of implementing STEM-based worksheets on students' critical thinking skills. This type of research is a literature study method from several journals and articles searched on Google Scholar. There were 10 articles that were observed. The results showed that the application of STEM-based LKPD had an effect on students' KBK.

Key words: LKPD, STEM, Critical Thinking

ABSTRAK

Pada keterampilan abad 21 salah satu aspek yang penting bagi peserta didik adalah berpikir kritis. Aspek berpikir kritis dapat membantu peserta didik untuk memecahkan suatu masalah. Salah satu media pembelajaran  yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah LKPD. LKPD yang digunakan berbasis STEM. Penelitian ini dilakukan dengan untuk mengetahui pengaruh penerapan LKPD berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah metode study literature dari beberapa jurnal dan artikel yang dicari di google scholar. Artikel yang diamati tersebut ada 10 artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis STEM berpengaruh terhadap KBK peserta didik.

Kata kunci: LKPD, STEM, Berpikir Kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almulla, M. A. 2020. The Effectiveneess of the Project-Based Learning (PjBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 1-6.

Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 33. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5434.

Bulu, V. R. & Femberianus, T. 2021. The Effectiveneess of STEM-Based PjBL on Student's Critikal Thinking Skills and Collaborative Attitude. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 219-228.

Dywan, A. A & Airlanda, G. S. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM dan Tidak Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344-354.

Fithri, S., Tenri Pada*, A. U., Artika, W., Nurmaliah, C., & Hasanuddin, H. 2021. Implementasi LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 555–564. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20816

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604

Hasanah, Z., Pada, A. U. T., Safrida, Artika, W., & Mudatsir. 2021. Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134

Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. 2020 . Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576

Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam, S. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055

Marlina, D., Kapur, K. S., Azzahra, N. I., & Desnita. 2019. Meta Analisis Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pembelajaran Fisika. 11(2), 1–8.

Permanasari, A. 2016. STEM Education : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21†Surakarta, 22 Oktober 2016, 23–34.

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. 2018. Multimedia Interaktif Berbasis STEM pada Konsep Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 2, 1–15.

Ramli, R., Yohandri, Y., Sari, Y. S., & Selisne, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Fisika Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 10. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/405

Ritonga, S. & Zulkarnaini, Z. 2021. Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 75-81.

Santoso, S. H., & Mosik, M. 2019. Unnes Physics Education Journal Kefektifan LKS Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering and Mathematic ) untuk. Unnes Physics Education Journal, 8(3), 248–253.

Sartika, D. 2019. Pentingnya Pendidikan Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. 3(3), 89–93.

Setiani, A., Hendri, M., & Rasmi, D. P. 2021. Persepsi Peserta Didik terhadap LKPD Terintegrasi STEM pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 287–293.

Silvia, A., & Simatupang, H. 2020. Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Menumbuhkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas X MIA SMA NEGERI 14 Medan T.P 2019/2020. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 39–44. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2434

Simatupang, H., Sianturi, A., & M, N. A. 2019. Perkembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4), 170–177. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index eISSN:

Suardi, S. 2020. Implementasi Pembelajaran Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Kemampuan Dalam Berpikir Kritis, Kreatif Dan Bekerjasama Peserta Didik Kelas Viia Smp Negeri 4 Sibulue. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 16(2), 135. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.12557

Sumardiana, S., Hidayat, A., & Parno, P. 2019. Kemampuan Berpikir Kritis pada Model Project Based Learning disertai STEM Siswa SMA pada Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 874. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12618

Tureni, D., Febriawan, A., Fardha, R., & Buntu, A. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran STEM di Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 5 Palu. Jurnal Kreatif Online (JKO), 9(3), 66–72.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Lestari, P. ., & Zulyusri, Z. (2022). Studi Literatur Implementasi Penerapan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBK) Peserta Didik: (Literature Study on the Implementation of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Based LKPD on Students’ Critical Thinking Skills (KBK)). BIODIK, 8(3), 63 - 70. https://doi.org/10.22437/bio.v8i3.18696