Meta-Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA

(Meta-Analysis of High School Biology Textbook Misconceptions)

Authors

  • Nanta Mulia Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12220

Abstract

Books that are used in the learning process contain descriptions of certain materials that are arranged systematically with specific objectives called textbooks. Currently, the textbooks used by teachers and students are not only from one publisher, but from various publishers, so there is a possibility of differences in presentation between these books. This can be a cause of material misconception. This study aims to determine the percentage of material misconceptions found in high school biology textbooks. The research method that researchers use is using a meta-analysis method. Meta-analysis is research that discusses similar articles. The technique of collecting data using non-test is by searching electronic journals through google scholar. The article data is then processed by summarizing and determining the essence of the misconception analysis research results, then the data is reported in a quantitative descriptive way. The search results from 20 articles (6 articles from class X, 12 articles from class XI, and 2 articles from class XII), it was found that the most misconceptions were found in the Archaebactaeria and Eubacteria material, namely 11.76%. The types of misconceptions are Misidentifications, Overgeneralizations, Oversimplifications, Obsolete Concepts and Term, and Undergeneralizations.

Abstrak. Buku yang digunakan dalam proses pembelajaran berisi uraian mengenai materi tertentu yang disusun secara sistematis dengan tujuan tertentu dinamakan buku teks pelajaran. Saat ini, buku teks pelajaran yang digunakan oleh guru dan peserta didik tidak hanya dari satu penerbit, tetapi dari berbagai penerbit, sehingga terdapat kemungkinan perbedaan penyajian antar buku-buku tersebut. Hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi materi yang ditemukan dalam buku teks pelajaran Biologi SMA. Metode penelitian yang peneliti gunakan yaitu menggunakan metode meta-analisis. Meta-analisis merupakan penelitian yang membahas tentang artikel yang sejenis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui google cendikia. Data artikel tersebut kemudian diolah dengan cara merangkum dan menentukan intisari hasil penelitian analisis miskonsepsi, kemudian data dilaporkan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelusuran dari 20 artikel (6 artikel dari kelas X, 12 artikel dari kelas XI, dan 2 artikel dari kelas XII ), didapat bahwa miskonsepsi paling banyak ditemukan pada materi Archaebactaeria dan Eubacteria yaitu sebesar 11,76%. Jenis miskonsepsinya yaitu Misidentifications, Overgeneralizations, Oversimplifications, Obsolete Concepts and Term, dan Undergeneralizations.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adelia, R. (2015). Analisis Masalah Konseptual Buku Teks Pelajaran Biologi SMA pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.5, No.3. Hal: 47-54.

Agustina, R. dkk. (2016). Analisis Miskonsepsi Pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.5, No.2, Hal: 113-118.

Apriani, I. dkk. (2016). Telaah Kesalahan Konsep pada Buku Ajar Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education): 145-154.

Azulianingsih, V. (2018). Analisis Miskonsepsi Materi Archaebacteria Dan Eubacteria Dalam Buku Teks Biologi SMA Kelas X Di Kabupaten Banyumas. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. Vol.7, No.6, Hal: 35-440.

Chairunnisa, S. (2018). Analisis Miskonsepsi Sistem Pernapasan Pada Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Di Kabupaten Banyumas. Pendidikan Biologi , Vol.7, No.4, Hal: 294-300.

Dahar, R.W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dwijayanti, A. (2016). Analisis Miskonsepsi Archaebacteria dan Eubacteria dalam Buku Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Biologi , Vol.5, No.8, Hal: 32-42.

Elfada, V. S. (2015). Analisis Kualitas Representasi Visual Buku Biologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013 Pada Materi Sel. Journal Scientiae Educatia, Vol.5, No.2, Hal: 1-14.

Fajriana, N. (2016). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1 SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik. Vol.4, No.1, Hal: 60-65.

Farihah, A. N. (2016). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Regulasi pada Peserta didik Kelas XI SMA Kota Semarang. Journal Biology Education, Vol.5, No.3, Hal: 319-329.

Fitria, D. (2017). Pembelajaran Melalui Modul Berbasis Konstruktivisme dalam Upaya Mengatasi Miskonsepsi Peserta didik Pada Konsep Sel di SMA Negeri 2 Sabang. Jurnal Biotik. Vol.5, No.2, Hal: 157-164.

Handoko, R & Sipahutar H. (2016). Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol.4, No.1, Hal: 039-047.

Hidayati, I. (2015). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf pada Buku Teks Biologi Kelas XI. Jurnal Biotik , Vol.3, No.1, Hal: 39-44.

Imran, R.F. (2015). Miskonsepsi Materi Pada Buku Teks Biologi SMA Kelas XI Semester 1. Jurnal Pendipa. Vol.2, No.2, Hal: 57-64

Istikomayanti, Y. (2017). Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan dan Peranan Kompetensi Pedagogik Guru Pada Peserta didik Kelas VIII MTS di Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia , Vol.3, No.2, Hal: 103-113.

Khairati, S. (2011). Analisis Miskonsepsi Pokok Bahasan Jaringan Tumbuhan pada Buku Biologi SMA Kelas XI di Kabupaten Langkat. Tesis. Medan: Universitas Negeri Medan.

Laksana, D. (2016). Miskonsepsi dalam Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.5, No.2, Hal: 166-175.

Megawati. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Strategi Predict-Discus-Explain-Observe-Discus-Explain (PDEODE) Untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.7, No.1, Hal: 1422-1430.

Muslich, Mansur. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nainggolan, L. (2017). Identifikasi Faktor Penyebab Miskonsepsi pada Topik Sistem Peredaran Darah Manusia di Kelas IX SMP Nurul Fadhilah Medan. Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya. Medan: 08 September 2017. Hal: 530-537.

Novtianti, N. R. (2020). Analisis Miskonsepsi pada Buku Teks Biologi Kurikulum 2013 Kelas XI SMA pada Konsep Sel. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nugroho, F. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi , Vol.5, No.5, Hal: 13-22.

Pribadi, A. P. (2018). Analisis Miskonsepsi pada Konsep Sistem Kekebalan Tubuh dalam Buku Ajar Biologi SMA di Yogyakarta. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. Vol.7, No.2, Hal: 160-167.

Ramadhan, A. N. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Sistem Saraf Manusia dalam Buku Teks Biologi SMA di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi. Vol.5, No.6, Hal: 37-45.

Rumtyastuti, V. (2015). Analisis Miskonsepsi Sistem Peredaran Darah Manusia dalam Buku Teks Biologi SMA Kelas XI di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Education, Vol.7, No.2, Hal: 50-62.

Saputri, D. A. F. & Trianik W. (2016). Misconceptions Analysis on The Virus Chapter in Biology Textbooks for High School Students Grade X. International Journal of Active Learning. Vol.1, No.1, Hal: 31-37.

Sihombing, R. I. (2017). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA Kelas X Materi Eubacteria di Kota Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan, Vol.5, No.2, Hal: 44-48.

Sukiya, S. (2017). Analisis Miskonsepsi Sistem Gerak pada Buku Biologi SMA Kelas XI di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan biologi. Vol.6, No.2, Hal: 98-104.

Suparno, P. (2005). Kesalahan dan Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMU. Bandung: UPI Press.

Suranti, T. (2017). Miskonsepsi Materi Genetika dalam Buku Biologi SMA Kelas XII yang Ditulis Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi. Vol.6, No.2, Hal: 47-64.

Utami, T. (2013). Analisis Miskonsepsi Sistem Pernapasan dalam Buku Ajar Biologi SMA di Kotamadya Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sains. Vol.2, No.3, Hal: 145-154

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wijiningsih, T. A. (2016). Analisis Miskonsepsi Materi Struktur-Fungsi Jaringan Hewan dalam Buku Biologi SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Biologi ,Vol.5, No.7, Hal: 72-79.

Wulandari, P. (2017). Penerapan Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sel Di MAN Darussalam. Jurnal Biotik ,Vol.5, No.1, Hal: 11-21.

Downloads

Published

2021-03-17

How to Cite

Mulia, N., & Zulyusri, Z. (2021). Meta-Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA: (Meta-Analysis of High School Biology Textbook Misconceptions). BIODIK, 7(01), 102-111. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12220

Issue

Section

Articles