PELATIHAN ANALISIS STATISTIKA DESKRIPTIF GUNA MENGEKSPLOR POTENSI DAERAH DAN MENUNJANG KINERJA DI KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA

Main Article Content

Mahya Ihsan
Gusmi Kholijah
Niken Rarasati
Gusmanely Z

Abstract

Pembangunan nasional bertujuan mensejahterakan masyarakat. Pembangunan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah yang memiliki perangkat pemerintahan dibagian kecamatan. Kecamatan merupakan perpanjangan tangan dari pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan Kabupaten/Kota Madya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kecamatan Jambi Luar Kota merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Muara Jambi, yang sekaligus wilayah berdirinya Universitas Jambi. Pelaksanaan penghimpunan data secara deskriftif belum optimal dalam kecamatan ini, sehingga mengharuskan adanya penambahan keterampilan para pegawai kecamatan dalam mengesplor data deskripsi kecamatan. Bentuk data yang terhimpun diantaranya data penduduk kecamatan, data pertanian, data peternakan, data pertanian, data geografis kecamatan dan sebagainya. Dalam statistika deskriptif, data yang dieksplor dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram dan grafis. Sehingga dilaksanakan program pengabdian Masyarakat di Kecamatan Jambi Luar Kota untuk menyampaikan tentang statistika deskriptif untuk menunjang kerja pegawai Kecamatan Jambi Luar Kota. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan para pegawai yang dapat menjalankan aplikasi untuk mengeksplor data deskriptif, dan juga dapat menyajikan dalam bentuk tabel frekuensi, diagram lingkaran, diagram batang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ihsan, M., Kholijah, G. ., Rarasati, N. ., & Z, G. (2020). PELATIHAN ANALISIS STATISTIKA DESKRIPTIF GUNA MENGEKSPLOR POTENSI DAERAH DAN MENUNJANG KINERJA DI KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(1), 13-18. https://doi.org/10.22437/jpm.v1i1.9153 (Original work published May 11, 2020)
Section
Articles