Pelatihan Penggunaan Class dojo di MTS Laboratorium Sebagai Alternatif Virtual Class di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpm.v3i2.20181Keywords:
class dojo, kelas virtual, pandemi covid-19Abstract
Aplikasi class virtual yang digunakanan guru selama ini adalah antara lain whatsapp, google classroom, quizizz, dan zoom meeting. Dari aplikasi ini guru cenderung hanya menilai dari segi kognitif siswa, kurang memperhatikan penilaiaan sikap didalam Proses Pembelajaran. Salah satu aplikasi yang bisa menilai sikap serta bisa memberikan umpan balik secara lansung adalah class dojo. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melatih guru dan siswa menggunakan aplikasi class dojo dan mempraktekkannya di dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan Guru-guru di MTs Laboratorium memperoleh wawasan baru terkait media yang dapat digunakan untuk pembelajarna virtual, menunjukkan keterampilan literasi digital melalui penggunaan media class dojo dan merasakan manfaat kemudahan dan keefektifan melalui class dojo dalam pembelajaran. Selama penggunaan aplikasi class dojo dalam proses pembelajaran sebagian besar siswa dapat bekerja sama dan dalam kelompok-kelompok. Kegiatan berkelompok ini merupakan aktifitas diskusi dan saling membantu.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri Winarni, Ade Kumalasari, Marlina Marlina, Ranisa Junita, Rohati Rohati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.