Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pendukung Kegiatan Akademik Universitas Jambi Kepada Sivitas Akademika
DOI:
https://doi.org/10.22437/jpm.v5i2.36232Keywords:
aplikasi, digital, layanan, tri dharmaAbstract
Hampir seluruh bidang pelayanan yang ada di Universitas Jambi (UNJA), saat ini telah difasilitasi melalui aplikasi. Namun, ada beberapa aplikasi yang belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh sivitas akademika. Akibatnya, layanan bisa menjadi tidak maksimal, ada kemungkinan data tidak tersimpan dengan lengkap, dan minimnya transparansi. Untuk itu dibutuhkan panduan dan pendampingan kepada sivitas akademika dalam memahami hal-hal tersebut terhadap masing-masing penggunaan aplikasi agar aplikasi-aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai fungsinya. Aplikasi-aplikasi yang ada di lingkungan UNJA, hampir seluruhnya dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK UNJA), sebagai lembaga yang bertanggung jawab menyediakan layanan digital untuk mendukung tujuan universitas. Dengan demikian, LPTIK UNJA bertanggung jawab pula untuk menyampaikan tentang kegunaan dan cara penggunaan aplikasi-aplikasi yang telah dikembangkan tersebut kepada sivitas akademika sehingga aplikasi dapat dimanfaatkan dengan maksimal. LPTIK UNJA melakukan “penyegaran” kepada seluruh sivitas akademika UNJA terhadap aplikasi-aplikasi prioritas yang mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi, seperti SIAKAD, ELISTA, dan EDIMAS. Penyegaran tersebut dilakukan dengan melaksanakan sosialisasi dan workshop kepada sivitas akademika tentang penggunaan aplikasi prioritas tersebut. Akhir dari kegiatan PPM ini, yaitu: 1) informasi mengenai peran dan tanggung jawab operator terhadap penggunaan aplikasi telah tersampaikan, 2) pentingnya operator-operator aplikasi dikumpulkan dalam satu kelompok untuk memudahkan dalam menyampaikan pertanyaan, kendala atau pun diskusi aplikasi, 3) ketersediaan panduan penggunaan aplikasi merupakan hal penting sebagai petunjuk teknis bagi pemakai. LPTIK UNJA berharap aplikasi-aplikasi akan dimanfaatkan dengan baik dan maksimal di lingkungan UNJA, sehingga kualitas pelayanan meningkat, pekerjaan menjadi terbantukan, transparansi terwujud, dan segala hal (catatan data maupun kegiatan) tersimpan dengan baik dan lengkap dalam sebuah penyimpanan digital.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Teguh Sumarsono, Pradita Eko Prasetyo Utomo, Rizqa Raaiqa Bintana, Novita Sari, Mutia Fadhila Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.