PELATIHAN TEKNIS PEMANFAATAN APLIKASI EDRAW MAX ERANCANG BAHAN AJAR BAGI GURU SMA MUARO JAMBI

Authors

  • Haryanto Haryanto a:1:{s:5:"en_US";s:17:"Universitas Jambi";}
  • Aulia Sanova Universitas Jambi
  • Abu Bakar Universitas Jambi
  • Nova Susanti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jpm.v1i1.9154

Keywords:

Pelatihan, Edraw Max, Bahan Ajar

Abstract

Pembuatan bahan ajar bisa dikemas berbasis ICT dengan menggunakan aplikasi Edraw
Max yang dapat digunakan sebagai alat bantu perancangan bahan ajar, seperti database,
flowchart, jaringan, mindmap dan lain sebagainya. Selama ini beberapa guru SMAN 3
Kabupaten Muaro Jambi menyatakan jika selama ini guru masih menggunakan bahan ajar
siap pakai yang sudah atau dan disusun pihak lain, sehingga belum semua guru memiliki
kemampuan mengembangkan ajar yang sesuai. Metode pelaksanaan kegiatan dalam
pelatihan teknis ini adalah bersifat penyuluhan, demonstrasi, praktek dan pendampingan.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang semua guru-guru bidang studi SMA
Negeri 3 Muaro Jambi sebanyak 20 orang. Pengabdian dilaksanakan di ruang aula sekolah
SMA Negeri 3 Muaro Jambi. Hasil kegiatan yang telah di capai dari kegiatan ini adalah
bertambahnya pengetahuan guru tentang pembuatan bahan ajar yang menggunakan
aplikasi edraw max, meningkatnya kreativitas guru dalam merancang dan mendesain
bahan ajar yang menarik dan sesuai kurikulum. Tanggapan guru terhadap kegiatan ini di
respon sangat positif, guru menyadari bahwa di era teknologi informasi, membuat bahan
ajar berbasis TIK sangat penting dan bermanfaat serta merupakan salah satu sarana yang
mampu memberi kemudahan bagi guru untuk membuat bahan ajar yang menarik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-11 — Updated on 2020-06-11

Versions

How to Cite

Haryanto, H., Sanova, A., Bakar, A., & Susanti, N. (2020). PELATIHAN TEKNIS PEMANFAATAN APLIKASI EDRAW MAX ERANCANG BAHAN AJAR BAGI GURU SMA MUARO JAMBI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(1), 19-23. https://doi.org/10.22437/jpm.v1i1.9154 (Original work published May 11, 2020)

Issue

Section

Articles