Representasi Perilaku Anak dalam Film Kartun Shinchan, Upin Ipin, dan Omar Hana

Authors

  • Rinaningsih Rinaningsih Universitas Jenderal Soedirman
  • Riyani Lintang Viona Universitas Jenderal Soedirman
  • Sri Metaria Permatasari Universitas Jenderal Soedirman
  • Anggraitha Widya Cahyaningrum Pamekas Universitas Jenderal Soedirman
  • Vidya Lathifa Zahrah Universitas Jenderal Soedirman
  • Balqist Maghfira Xielfa Universitas Jenderal Soedirman
  • Nanang Martono Universitas Jenderal Soedirman

Keywords:

kartun, aktifitas, interaksi, perilaku, masalah

Abstract

Cartoon films are one of the media that can describe children's daily lives. This can be shown through various activities and behaviors of children shown in several series of cartoon films. Children's lives are closely related to the setting or background of the surrounding social environment. This study describes the representation of children's behavior in the Shinchan, Upin Ipin, and Omar Hana cartoon series. This research uses quantitative content analysis method. The objects studied are scenes in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons. The variables operationalized in this study are children's daily activities, parents' interactions with children, children's behavior, and the problems faced by children described in the three films. most of the children's activities that are often described in the film are playing outside the home. Most of the children's interactions with parents represented in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons are chatting with parents. Most of the children's behavior represented in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons is obedient to parents. Most of the children's problems represented in Shinchan, Upin Ipin and Omar Hana cartoons arise because the child's wishes are not fulfilled.

Abstract

Film kartun menjadi salah satu media yang dapat menggambarkan kehidupan anak sehari-hari. Hal ini dapat ditunjukkan melalui berbagai aktivitas dan perilaku anak yang ditampilkan pada beberapa seri film kartun. Kehidupan anak berkaitan erat dengan setting atau latar lingkungan sosial di sekitarnya. Penelitian ini mendeskripsikan representasi perilaku anak dalam serial kartun Shinchan, Upin Ipin, dan Omar Hana. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Objek yang diteliti adalah adegan-adegan dalam film kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana. Variabel yang dioperasionalkan dalam penelitian ini adalah aktivitas keseharian anak, interaksi orang tua dengan anak, perilaku anak, dan masalah yang dihadapi anak yang digambarkan dalam ketiga film tersebut. sebagian besar aktivitas anak  yang sering digambarkan dalam film tersebut adalah bermain di luar rumah. Sebagian besar interaksi anak dengan orang tua yang direpresentasikan dalam kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana yaitu mengobrol bersama orang tua. Sebagian besar perilaku anak yang direpresentasikan dalam kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana yaitu patuh kepada orang tua. Sebagian besar masalah anak yang direpresentasikan dalam kartun Shinchan, Upin Ipin dan Omar Hana muncul karena keinginan anak tidak terpenuhi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20, diambil dari 10.13140/RG.2.2.12201.08804

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI, 10(1), 9-20. https://doi.org/10.21009/JIV.1001.2

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)â€. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial , 1(2), 74-86. http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/dinamika/article/view/842

Datulawa, K. P. (2020). Representasi Kepercayaan Diri Pada Anak (Studi Analisis Isi Pada Film Kartun Doraemon di RCTI). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30210/14321029%20Kurnia%20Putra%20Wima%20Datulawa.pdf?sequence=1

Harmaini. (2013). Keberadaan Orang Tua Bersama Anak. Jurnal Psikologi, 9(2), 80-93. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i2.170

Haq, M. S. (2015). Representasi Kelas Atas pada Film Arisan 1 dan 2. Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, 4(1), 223-235. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-comme07f39974bfull.pdf

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363-372, diambil dari https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Ishak, D. (2021). Perbedaan Pendidikan Agama di Negara Jepang Dan Negara Indonesia. Jurnal Kelola : Ilmu Sosial, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.54783/jk.v4i1.466

Langi, F. M., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 48-68. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.558

Latifah, D., & dkk. (2020). Representasi Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal Prosiding Pendidikan Agama Islam, 6(2), 164-169. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23928

Lestari, I., Riana, A. W., & Taftarzani, B. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. 2(2), 204-209. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13280

Murtafiah, S., Martono, N., & Widyastuti, T. R. (2023). Bias Kelas dalam Video Pembelajaran Tv Edukasi Kemendikbud. Jurnal Education and development, 11(1), 168-179. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4315

Muttakhidah, R. I. (2016). Pergeseran Perspektif "Human Mind" John Locke dalam Paragdima Pendidikan Matematika. ADMathEdu, 1(2), 45-58, diambil dari http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v6i1.4761

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(3), 1-4, diambil dari http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544

Nuryatno, M. A. (2014). Comparing Religius Education In Indonesia In Japan. Al Jamiah: Journal Of Islamic Studies, 52(2), 1-24. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.522.435-458

Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Keluarga Dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak dengan Perilaku Anak dalam Penggunaan Gadget di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(2), 1-8. https://doi.org/10.35790/jkp.v6i2.20646

Pebriandini, N., & Ismet, S. (2021). Analisis Nilai-Nilai Karakter Anak dalam Film Kartun Animasi Nussa dan Rarra. Jurnal Edukasi STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, 1(1). 52-59. https://jurnaledukasi.stkipabdi.ac.id/index.php/JED/article/view/19

Pramono, D., Yunita, S., Erviana, M., Setianingsih, D., Winahyu, R. P., & Suryaningsih M. D. (2021). Implementasi Penggunaan Teknologi oleh Orang Tua sesuai Pendidikan Karakter Moral Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education and Technology, 1(2), 104-112. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/jet/article/view/67

Rufeidah, A., Saad, S., & Kadir. (2018). Evaluasi Program Televisi Pendidikan "Kartun Anak". Jurnal Sekretari, 5(2), 1-12. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sekretaris/article/view/1577/1283

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Aditiaismaya, E. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132-2140. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.116

Sari, D.R., (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Subtianah, S., & Adawiah, R. (2023). Dampak Karir Orang Tua terhadap Perkembangan Remaja Kota Serang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Nonformal, 1. https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/94

Sunarto. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kerajinan Kulit Kartika Magetan. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya,, 3(2), 192-204. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.668

Warsita, B. (2013). Pemanfaatan Program Siaran Televisi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 17(3), 353-364, https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/567/369

Widya, R. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Dini Dan Penanganannya di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 29-34, https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888

Wijayanto, T. D., & Purworini, D. (2018). Respon Pemerintah Pada Aksi Damai 411 DAN 212 : Analisis Isi Harian Kompas Edisi November 2016 – Desember 2016. . Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 10(1), 11-24. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/5477

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Rinaningsih, R., Viona, R. L., Permatasari, S. M., Pamekas, A. W. C., Zahrah, V. L., Xielfa, B. M., & Martono, N. (2023). Representasi Perilaku Anak dalam Film Kartun Shinchan, Upin Ipin, dan Omar Hana. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(2), 378-383. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/29710