Pembelajaran Teks Fabel Berbasis Pendekatan Saintifik di SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran serta upaya pendidik dalam mengimplementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis teks fabel. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian pendidik Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran dalam bentuk RPP, Pengambilan data dilakukan saat proses pembelajaran materi teks fabel dengan menggunkan pendekatan saintifik di kelas VII. Teknik analisis data daalam penelitian ini berupa mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kata Kunci: pembelajaran teks fabel, pendekatan, saintifik
Abstract
This study aims to describe the planning, implementation of learning and the efforts of educators in implementing a scientific approach in learning to write fable texts. This research is a qualitative descriptive research with the research target of Indonesian language educators and seventh grade students of SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data were collected using documentation, observation and interviews. The data used in this research is learning planning in the form of lesson plans. Data collection is carried out during the learning process of fable text material using a scientific approach in class VII. Data analysis techniques in this study are in the form of reducing data, presenting data, and drawing conclusions.
Keywords: Learning fabel text, Approach, Scientific.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Farah Ridhyalira, Akhyarudin Akhyarudin, Larlen Larlen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.