Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Media Film Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi

Main Article Content

Qonitalufiah
Irma Suryani
Larlen Larlen

Abstract

Project Based Learning adalah salah satu metode pengajaran yang inovatif. Tujuanyan untuk menjelaskan pengaruh model project based learning (PJBL) dengan media film terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan melakukan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi beraggota 34 siswa. Penentuan sampel dengan metode total sampling. Penelitian memakai metode pra-experimental desain one group pretest-posttest menggunakan pendekatan kuantitatif. Guru memberikan pengetahuan awal mengenai teks ulasan sebelum melakukan pretest dan posttest, agar tidak kebingungan. Hasil kemampuan menulis siswa dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 21. Nilai rataan pretest menjadi 11,1 sedangkan hasil rataan posttest menjadi 16,4. Disimpulkan bahwa rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest. Hipotesis menentukan uji-t menghasilkan hitungan bahwa hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sementara pengambilan hipotesis t hitung 15.372 dan t tabel 2.037 dengan taraf signifikan 5%. Dikarenakan t hitung besar dari t tabel, yaitu 15.375 > 2.037, maka hipotesis diterima. Berdasarkan data yang diperoleh, model PJBL dengan media film akan mempengaruh kemampuan menulis siswa pada teks ulasan kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi.


 


Kata kunci: model PJBL; media film; kemampuan menulis; teks ulasan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Qonitalufiah, Suryani, I., & Larlen, L. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Media Film Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(2), 25-38. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/17723
Section
Artikel