Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Berbasis Pendekatan Kontekstual di FKIP Universitas Jambi

Authors

  • Irma Suryani PBSI FKIP Universitas Jambi
  • Rasdawita . PBSI FKIP Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelititian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis naskah drama di perguruan tinggi. Alasan penelitian pengembangan karena belum adanya bahan ajar yang digunakan oleh mahasiswa untuk mata kuliah menulis naskah drama. Maka perlu dikembangkan dan dibuat bahan ajar untuk emlengkap perkulaiah menulis naskah drama. Penelitian dan pengembangan yang akan penulis lakukan ini diadopsi dari model ADDIE (Dick & Carey). Berdasarkan validasi ahli, maka penelitian ini disimpulkan pengembangan bahan ajar menulis naskah drama  dari segi materi valid, dari segi media valid, dan dari segi bahasa sangat valid, sehingga bahan ajar dapat digunakan. Hasil dan kesimpulan penelitian yakni: 1) berdasarkan isian kuesioner mahasiswa bahan ajar menulis naskah drama yang dikembangkan tergolong praktis, sehingga bahan ajar dapat digunakan, 2) berdasarkan eksperimen, kelas yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan buku teks secara umum, 3) berdasarkan eksperimen, kelas yang menggunakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan pendekatan kontekstual lebih efektif dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan buku teks secara umum.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, Naskah Drama

Downloads

Downloads

Published

2019-04-24 — Updated on 2019-04-24

Versions

How to Cite

Suryani, I., & ., R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Berbasis Pendekatan Kontekstual di FKIP Universitas Jambi. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 80-92. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/6565

Issue

Section

Vol 8 No. 1 Desember 2018 Pena: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia