PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI TAMAN GEOPARK KABUPATEN MERANGIN

Authors

  • Ade Titi Nifita
  • Edy Arisondha

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v7i2.5490

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatwan di taman Geopark Kabupaten Merangin. Variabel independen yang digunakan adalah media sosial dengan indikator adalah media sosial yang sering digunakan sebagai media promosi seperti Facebook, YouTube dan Instagram.sedangkan yang menjadi variabel dependen adalah minat berkunjung wisatawan. Penelitian ini dilakukan di Geopark Merangin berada di aliran Sungai Batang Merangin – Desa Air Batu – Kab.Merangindan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner atau angket.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Kemudian akan diuji pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung wisatwan di taman Geopark Kabupaten Merangin menggunakan uji t. Untuk melihat pengaruh media sosial terhadap minat berkunjung.

Secara simultan media sosial (Facebook, YouTube, dan Instagram) berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung.Hal ini ditunjukkan dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05 sedangkan secara parsial hanya media sosial Instagram yang berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali, dengan tingkat signifikansi 0,001 <0,05. Media Sosial Instagrammerupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Minat Berkunjung Kembali.Hal ini ditunjukkan dengan besarnya pengaruh yaitu 27,248%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-27 — Updated on 2018-08-27

How to Cite

Nifita, A. T., & Arisondha, E. (2018). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI TAMAN GEOPARK KABUPATEN MERANGIN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 7(2), 169-180. https://doi.org/10.22437/jmk.v7i2.5490