PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (SURVEYPADA KANTOR CABANG PEMBANTU BANK DI KOTA SUNGAI PENUH)

Authors

  • Muhammad Ridwan
  • Fitri Hamelinda

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v6i3.4251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial pada Kantor Cabang Pembantu Bank di Kota Sungai Penuh.Penelitian ini merupakan survey research dengan menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah top management level, middle management level, dan lower management level.Dari 39 kuesioner yang dibagikan, diperoleh 34 responden yang dapat dimasukkan dalam pengolahan data. Analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dan uji statistik F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (2) Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (3) Komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (4) Gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasisecara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, (5) gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja manajerial mempunyai koefisien determinasi dengan nilaiadjusted R square sebesar 0,252 yang mengandung arti bahwa 25,2% variasi besarnya kinerja manajerial bisa dijelaskan oleh variabel gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasi, sedangkan sisanya 74,8% (100% - 25,2%) disebabkan oleh faktor lainnya seperti kondisi lingkungan kerja, budaya organisasi, komunikasi antar rekan kerja dan pelatihan kerja. Hal ini menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan komitmen organisasi memiliki peranan yang cukup penting dalam mempengaruhi kinerja manajerial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-10 — Updated on 2017-12-10

How to Cite

Ridwan, M., & Hamelinda, F. (2017). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (SURVEYPADA KANTOR CABANG PEMBANTU BANK DI KOTA SUNGAI PENUH). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 6(3), 169-181. https://doi.org/10.22437/jmk.v6i3.4251