ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA

Authors

  • Brammantio Brammantio Universitas Jambi
  • Novita Ekasari Universitas Jambi
  • Jamal S. Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.25449

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap keterampilan berwirausaha. Variabel Independen ( variabel X) dalam penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan sedangkan variabel dependen (variabel Y) dalam penelitian ini yaitu keterampilan berwirausaha. Objek dalam penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif dengan studi analisis faktor menggunakan kuesioner sebagai pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Skala Interval yang digunakan dibagi menjadi 5 poin dengan menggunakan skalalikert. Uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Ditambah dengan uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas dan Uji Heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan  uji F (uji simultan), uji t (uji parsial) dan uji R2 (Uji Koefisien Determinan) dengan bantuan software SPSS versi 25.0. Hasil dari penelitian ini : 1. terdapat pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap variabel Keterampilan Berwirausaha. 2. Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Ketermpilan Berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Kerinci

 

Kata Kunci: Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Keterampilan Berwirausaha ( Studi Kasus SMK Negeri 1 Kerinci ) .

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bukirom, Haryo Indradi, Andi Permana, dan Martono. (2014). PengaruhPendidikan Berwirausaha dan Motivasi Berwirausaha terhadap Pembentukan Jiwa Berwirausaha Mahasiswa, Media Ekonomi dan Manajemen,29(20): 144-152.

Ciputra, (2009). Ciputra Quantum Leap : Entrepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jamal Ma’mur Asmani. (2011). Sekolah Enterpreneur. Yogyakarta: Haromoni.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi PembelajaranBerdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing danKarakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Melinda, Sarah. (2017). Pengaruh Pendidikan KewirausahaanTerhadap KeterampilanBerwirausaha SiswaSMK Negeri 1 Berau. eJournal Administrasi Bisnis No. 5 (4) hal. 877-890. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

Widyaningsih, Yunita. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Brammantio, B., Ekasari, N. ., & S., J. . (2023). ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 12(2), 572-584. https://doi.org/10.22437/jmk.v12i2.25449