STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UMKM DALAM MENINGKATKAN LABA USAHA PADA ERA PANDEMI COVID-19 PADA USAHA KERIPIK TEMPE “MBAK NIK” DI MERANGIN

Authors

  • Alinda Putri Ariana FEB Universitas Jambi
  • Novita Ekasari FEB Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.17611

Abstract

ABSTRAK

         Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha Keripik Tempe Mbak Nik di Merangin dan untuk merumuskan Strategi Pengembangan usaha Keripik Tempe Mbak Nik di Merangin. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap identifikasi lingkungan internal dan eksternal usaha. Identifikasi lingkungan internal dilakukan pada analisis Kekuatan dan Kelemahan. Sedangkan lingkungan eksternal yang dianalisis adalah lingkungan Peluang dan Ancaman. Tahap selanjutnya adalah tahap pencocokan dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis SWOT pada usaha Keripik Tempe Mbak Nik di Merangin, maka rekomendasi strategi yang direkomendasikan adalah agresif (Growth oriented strategy). Artinya, situasi yang sangat menguntungkan perusahaan tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Usaha ini harus memanfaatkan peluang yang ada untuk memenuhi permintaan pasar yang tinggi dengan memanfaatkan pinjaman modal dari pihak perbankan atau koperasi karena untuk strategi agresif usaha Keripik Tempe Mbak Nik harus melakukan penetrasi pasar baru diluar Merangin. Sehingga, usaha Keripik Tempe Mbak Nik sebaiknya menambah kapasitas produksinya agar bisa memperluas pasar.

 

Kata kunci : Strategi Pengembangan, Keripik, SWOT

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Alinda Putri Ariana, FEB Universitas Jambi

 

 

References

Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 1(3), 210812.

Aliyah, H. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada Umkm Terasi Di Kec Puger Kab Jember Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Anggraeni, P., Sunarti, S., & Mawardi, M. K. (2017). Analisis swot pada umkm keripik tempe amel malang dalam rangka meningkatkan daya saing perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 104-113.

Bastiyar, Y. (2019). Strategi Pemasaran Kripik Singkong “Sabar Menanti “Dalam Meningkatkan Penjualan Di Ud Sumber Mas Di Desa Lalangon, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).

Bimantara, A. R., Hidayat, W., & Suliswanto, M. S. W. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 4(1), 1-13.

David, D., & Sinaga, A. N. (2016). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Perusahaan (Studi Kasus Cv. King Toy’s). Kurs: Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis, 1(1), 1-13.

Diyanti, Y. (2018). Analisis swot sebagai strategi meningkatkan daya saing usaha tahu di desa hajoran kecamatan sungai kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Evelin, O., Prima, F., & Sujana, I. Strategi Pemasaran Madu Kelulut Dalam Rangka Mendukung Produk Unggulan Khas Kalimantan Barat Menggunakan Analisis Swot Dan QSPM. Jurnal TIN Universitas Tanjungpura, 5(1).

Fitanto, B. (2009). Analisis Omset dan Posisi Bersaing pada Klaster Usaha Kecil Menengah (UKM) Sepatu Kota Mojokerto. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1).

Ferdinand, F. (2016). Strategi Pengembangan Klaster Usaha Mikro Kecil Menengah Kecil dan Menengah Keripik Tempe di Sanan Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 1-13.

Farida, L. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Produk Pangan Lokal Dalam Meningkatkan Industri Kreatif Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kecamatan Bandar Sribawono Kabupaten Lampung Timur) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fatimah, F. N. A. D. (2016). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia.

Hemasdika, N. H. Strategi Pengembangan Industri Keripik Tempe Di Desa Karangtengah Prandon Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Jurnal Agrista, 5(3).

Jiasti, F. D., & SAMPURNO, R. J. (2010). Analisis Pengaruh Current Ratio, Quick Ratio, Receivable Turn Over, Dan Cash Turn Over Terhadap Laba Usaha (Koperasi Kopersemar Periode Tahun 2007-2009) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Mahmudi, A. A., & Suryandani, W. (2018). Strategi Pengembangan UKM Keripik Tempe Desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1).

Mahmudi, A. A., & Rikah, R. (2021). Pengembangan Usaha Kelompok Pengrajin Tempe Desa Pulo Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2).

Nugraha, A. S. (2011). Strategi Pemasaran Keripik Tempe Pada Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri.

Nugrahadista, B. D. (2018). Analisis Nilai Tambah, Kelayakan Usaha Dan Strategi Pengembangan Pada Umkm Keripik Tempe Putra Ridhlo Di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Nuramdan, L. (2019). Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Kulit Jeruk Siam (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Ratni, S., Arsa, A., & Ningsih, P. A. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Provinsi Jambi Tahun 2014-2016 (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109-120.

So'imatus Sintya, N. (2020). Evaluasi strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT Di UKM “Jambangan Pitoe†Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sylvia, R., Afriana, R. A., & Amelia, N. A. (2019). Penerapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada UD Rahmani Sasirangan Kabupaten Banjar. Dinamika Ekonomi-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 51-62.

Sari, N., Maharani, E., & Khaswarina, S. (2016). Strategi Pemasaran Agroindustri Keripik Tempe Di Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Studi Kasus Agroindustri Keripik Tempe Dua Putri Mbak Siti). Jurnal Ilmiah Pertanian, 12(2), 23-35.

Syuhada, S., Tasman, A., & Hardiani, H. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja pada Usaha Mikro Kecil Menengah, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 2(2), 93-98.

Yusriansyah, M. (2012). Karakteristik pengusaha industri keripik tempe berbasis produk unggulan di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Yusendra, M. A. E., & Widarti, A. (2015). Pengembangan Ukm Keripik Tempe Di Pekon Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Jurnal teknologi informasi dan bisnis pengabdian masyarakat Darmajaya, 1(2), 12-27.

Yuniarsih, N., Setu, Y., Angelia, S., Manurung, S., Fono, M. O. S., & Ardiana, I. D. (2020). Perumusan Strategi Pengembangan Usaha pada Kampung Tempe Tenggilis Kauman di Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 65-71.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Ariana, A. P. ., & Ekasari, N. . (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UMKM DALAM MENINGKATKAN LABA USAHA PADA ERA PANDEMI COVID-19 PADA USAHA KERIPIK TEMPE “MBAK NIK” DI MERANGIN. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 171-184. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.17611