Osteokondroma Raksasa Pada Rami Pubis: Laporan Kasus

Authors

  • Mujaddid Idulhaq
  • Pamudji Utomo
  • Bayu Sakti Jiwandono
  • M qathar RF Tulandi Tulandi Universitas Sebelas Maret

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan

Osteokondroma adalah tumor tulang jinak yang paling umum. Osteokondroma merupakan malformasi perkembangan daripada neoplasma sejati.Osteokondroma biasanya mempengaruhi tulang yang berkembang oleh osifikasi endokondral dan jarang berasal dari tulang yang berkembang secara osifikasi intramembran seperti tulang rami pubis, skapula, klavikula, dan tulang rusuk.

Objektif

Makalah ini dimaksudkan untuk menyajikan kasus osteokondroma pubis yang jarang terjadi dan mengevaluasi hasil setelah eksisi luas.

Kasus

Seorang pria 34 tahun dengan benjolan di daerah selangkangan kanan mengeluh selama 10 tahun. Di RSO Prof Soeharso, pasien menjalani eksisi lebar ramus pubis kanan, di mana banyak struktur berbahaya yang harus dihindari. Kami mendapatkan seluruh jaringan tumor dengan diameter 12 sentimeter. Menurut Konferensi Klinikopatologi tumor disimpulkan sebagai osteokondroma. Lokasi tumor dan presentasi klinis jarang terjadi. Tumor ini tidak memiliki keterlibatan viseral atau vaskular meskipun lesi tersebut sangat dekat dengan banyak struktur vital pada ramus pubis superior.

Hasil

Setelah 1 tahun evaluasi, kondisi klinis pasien baik. Pasien tidak merasakan keluhan apapun, tidak ada tanda-tanda kambuh, dan tidak ada komplikasi pada luka operasi.

 

 

Kesimpulan

Kami telah melakukan eksisi ekstensif tumor di ramus pubis pria berusia 34 tahun. Hasil pemeriksaan histopatologi sesuai dengan gambaran osteokondroma. Osteokondroma yang muncul dari panggul adalah presentasi yang tidak biasa yang harus diingat sebagai diagnosis banding saat mengevaluasi pasien dengan massa di panggul.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Idulhaq, M., Utomo, P., Jiwandono, B. S. ., & Tulandi, M. qathar R. T. (2020). Osteokondroma Raksasa Pada Rami Pubis: Laporan Kasus. JAMBI MEDICAL JOURNAL "Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan", 8(2), 211-216. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/kedokteran/article/view/10451

Most read articles by the same author(s)