Author Guidelines

Kami mengundang bapak/ibu semua untuk dapat mengirimkan tulisannya ke Jambi Medical Journal. The Jambi Medical Journal hanya menerima naskah asli yang belum pernah dipublikasikan di jurnal media cetak dan jurnal elektronik lain. Naskah dapat berupa artikel penelitian, artikel telaah (review artikel), laporan kasus ( case report). 

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dalam format Microsoft Word dan diketik diatas kertas ukuran A4 (21 x 30 cm), huruf Arial ukuran 11 pts, spasi 1,5 (ganda), tampilan 2 kolom dengan batas atas, bawah, kanan dan kiri adalah 2,54 Naskah ditulis minimal 7 halaman dan maksimal  15 halaman. 
  2. Dalam sistematika penulisan naskah subjudul harus dicantumkan. Naskah hasil penelitian ditulis dengan format Judul; nama dan alamat lembaga penulis; abstrak dan kata kunci, pendahuluan; metode; hasil dan pembahasan; Kesimpulan; serta daftar rujukan.
  3. Sistematika penulisan naskah artikel telaah ditulis dengan format Judul; nama dan alamat lembaga penulis; abstrak dan kata kunci, pendahuluan; dan pembahasan; kesimpulan; serta daftar rujukan
  4. Sistematika penulisan naskah laporan kasus ditulis dengan format Judul; nama dan alamat lembaga penulis; pendahuluan; laporan kasus; pembahasan; Kesimpulan; serta daftar rujukan.
  5. Judul artikel ditulis dengan huruf kapital ditengah tengah dengan ukuran 14 pts maksimal 12 kata dalam bahasa Indonesia ( kecuali keadaan tertentu) atau 10 kata dalam bahasa Inggris.
  6. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik dan disertai nama dan alamat lembaga asal dibawah judul. Bila naskah ditulis oleh tim, seluruh nama penulis harus dicantumkan maksimal 5 orang, bila lebih dapat ditulis dkk atau et all. Nama pada urutan pertama adalah nama penulis utama dan harus mencantumkan alamat korepondensi atau e-mail.
  7. Abstrak dan kata kunci harus ditulis dalam 2 bahasa ( Indonesia dan Inggris). Panjang abstrak maksimal 200 kata sedangkam kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak ditulis dengan spasi tunggal ukuran 11 pts. Abstrak ditulis tanpa subjudul dan minimal berisi judul artikel tujuan, metode,dan hasil penelitian.
  8. Bagian pendahuluan berisi latar belakang dialakukannya penelitian, konteks penelitian, tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian. Pendahuluan ditulis tanpa subjudul dan dipaparkan dalam bentuk paragraf-paragraf, dengan panjang 15-20 % dari total panjang artikel
  9. Bagian metode berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis  data dengan panjang 10- 15 % panjang artikel
  10. Bagian hasil penelitian berisi paparan analisis dari hasil yang ditemukan dalam penelitian. Setiap hasil penelitian harus di bahas. Pembahasan berisi penjelasan mengenai hasil penelitian serta perbandingan dengan teori yang pada tinjauan pustaka atau hasil penelitian sejenis. Hasil penelitian dan pembahasannya ditulis 40-60% dari panjang artikel . Bila penulisan terdapat tabel atau gambar harus dicantumkan  judul singkat diatas tabel dan penjelasan di bawah tabel berupa catatan kaki mengenai singkatan tidak baku yang terdapat dalam tabel. Tabel ditulis dalam ukuran 10 dengan spasi ganda.
  11. Bagian kesimpulan berisi intisari hasil pembahasan dan dipaparkan dalam bentuk paragraph.
  12. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dijadikan rujukan, dan semua sumber rujukan harus dicantumkan dalam daftar rujukan. Sumber rujukan harus dalam terbitan 5 tahun terakhir dan 60 % berasal dari artikel-artikel penelitian dalam jurnal ilmiah atau laporan penelitian yang sudah dipublikasikan ( termasuk sripsi, tesis, disertasi). Daftar rujukan ditulis dengan ukuran 10
  13. Perujukan dan pengutipan menggunakan sistem Vancouver ( menggunakan angka)