About the Journal

Kalistra: Kajian Linguistik dan Sastra merupakan jurnal ilmiah kebahasaan dan kesastraan yang diterbitkan oleh Prodi Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi. Kalistra terbit tiga kali setahun setiap Mei, September, dan Januari. Jurnal Kalistra menerbitkan hasil penelitian ilmiah dalam kajian bahasa dan sastra yang meliputi linguistik teoretis, linguistik terapan, linguistik interdisipliner, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra interdisipliner, serta sastra dan politik identitas. Setiap artikel yang dimuat di Kalistra akan melalui proses penilaian oleh peer reviewer.

E-ISSN: 2963-7988

P-ISSN: 2963-8380

Current Issue

Vol. 1 No. 2 (2022): September 2022

Kalistra merupakan jurnal ilmiah akademik dalam bidang kajian Bahasa dan sastra, yang diterbitkan oleh Prodi Sastra Indonesia, Jurusan Sejarah, Seni dan Arkeologi, FKIP, Universitas Jambi, Volume 01, Nomor 02, September 2022 menyajikan sepuluh artikel bidang Bahasa dan sastra.

Artikel tersebut adalah Citraan dalam Kumpulan Puisi Resep Membuat Jagat Raya Karya Abinaya Ghina Jamela oleh Riduansyah, Yundi Fitrah, dan Dwi Rahariyoso; Perubahan Bunyi Bahasa Proto Austronesia (PAN) pada Bahasa Karo, Bahasa Toba, Bahasa Pakpak, Bahasa Simalungun, Bahasa Mandailing dan Bahasa Angkola: Kajian Linguistik Historis Komparatif dan Fonologi oleh Erik D Siregar, Ernanda, dan Rengki Afria; Ungkapan Pujian Bahasa Melayu Jambi di Masyarakat Melayu Kota Jambi oleh Lerisa Ramadhea, Ade Kusmana, Julisah Izar; Motif Naratif Fiksi Postmodern dalam Novel Anak Gembala yang Tertidur Panjang di Akhir Zaman Karya A. Mustafa Kajian Postmodernisme Linda Hutcheon oleh Intan Helendia Putri, Warni, Liza Septa Wilyanti; Aspek Bahasa Perempuan dalam Prosa Men Coblong Karya Oka Rusmini: Kajian Ginokritik oleh Dewi Fadilla Ramadhayani, Warni, Sovia Wulandari; Kesantunan Berbahasa Melayu Pada Kalangan Remaja Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi oleh Dinda Deldiana Mughni, Ade Kusmana, dan Julisah izar; Ungkapan Pantang Larang dalam Masyarakat Bugis Desa Simbur Naik Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Kajian Semiotika) oleh Eka Syamsiah, Irma Suryani, Sovia Wulandari; Makna Tradisi Lisan Plaho di Desa Koto Aro Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci oleh Oktania, Nazurty, Nurfitri Susanti; Struktur dan Fungsi Kunaung Pralogis Kerinci oleh Sri ulina, Maizar Karim, Liza Septa Wiliyanti; Perlawanan Perempuan terhadap Korporasi Perusak Alam dalam Film Dokumenter Tanah Ibu Kami: dan Pendekatan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough oleh Bella Cintya, Ernanda, Anggi Triandana

Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam penerbitan jurnal Kalistra ini. Diharapkan para pembaca dapat mengambil manfaat serta ilmu pengetahuan dari tulisan-tulisan tersebut.

Editor.

KALISTRA

Published: 2022-09-16

Articles

View All Issues