Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Go Publik yang Menjadi Peserta Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jaku.v9i4.40836Kata Kunci:
Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, ProfitabilitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian pada perusahaan go public yang menjadi peserta Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Data penelitian ini berjumlah 110 perusahaan selama 5 periode. Metode penelitian ini menggunakan metode historis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang merupakan tipe penelitian ex post facto. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan data tabulasi berupa data keuangan yang diperoleh dari laporan keuangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas tidak memoderasi hubungan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Unduhan
Referensi
Badia, F., Bracci, E., & Tallaki, M. (2020). Quality and diffusion of social and sustainability reporting in Italian public utility companies. Sustainability (Switzerland), 12(11), 1–17. https://doi.org/10.3390/su12114525
Bidhari, S. C., Salim, U., & Aisjah, S. (2013). Effect of Corporate Social Responsibility Information Disclosure on Financial Performance and Firm Value in Banking Industry Listed at Indonesia Stock Exchange. 5(18), 39–47.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2017). Fundamentals of Financial Management (Ninth Edit). Cengage Learning.
Fahmi, I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta. 2017. https://doi.org/Nahkoda Leadership dalam organisasi konservasi
Fatima, T., & Elbanna, S. (2023). Corporate Social Responsibility (CSR) Implementation: A Review and a Research Agenda Towards an Integrative Framework. Journal of Business Ethics, 183(1), 105–121. https://doi.org/10.1007/s10551-022-05047-8
Ghozali, I. (2016). Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2018.
Handriani, E., & Robiyanto. (2018). Corporate Finance and Firm Value in The Indonesian Manufacturing Companies. International Research Journal of Business Studies, 11(2), 113–127. https://doi.org/10.21632/irjbs.11.2.113-127
Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2016. https://doi.org/Nahkoda Leadership dalam organisasi konservasi
Ikbal, M. (2018). Apakah Informasi non-Keuangan berguna bagi Investor: Survei Persepsi bagi Investor Retail di Indonesia. Akuntabel, 14(2), 180. https://doi.org/10.29264/jakt.v14i2.1906
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018a). Metodologi Penelitian Bisnis. ANDI Yogyakarta , 2018. https://doi.org/Nahkoda Leadership dalam organisasi konservasi
Indriantoro, N., & Supomo, B. (2018b). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Irawan, A., Ovami, D. C., Prima, A. P., & Putri, A. P. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 341–348. https://doi.org/10.46576/bn.v6i1.3114
Laili, C. N., Djazuli, A., & Indrawati, N. K. (2019). the Influence of Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Firm Size on Firm Value: Financial Performance As Mediation Variable. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(1), 179–186. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.01.20
Lako, A. (2017). Dekonstruksi CSR & Reformasi Paradigma Bisnis & Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Manurung, A. H. (2012). Teori Valuasi. 1934, 1–10.
Mardikanto, T. (2014). Corporate Social Responsibility. Alfabeta.
Mawardi, A. (2018). Pengaruh Nilai Tukar, Tingkat Bunga, Inflasi, Dan Jumlah Uang Beredar Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Keuangan Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Studi Kasus pada Indek Harga Saham Sektor Keuangan Di BEI). Ekonomi Dan Bisnis, 9(1).
Narayana, P. purnama dewi & I. P. edward. (2019). Implementation of Green Accounting, Profitability and Corporate Social Responsibility for Corporate Values. Akuntansi, 30(12), 3252–3262.
Rosilawati, Y. (2023). Arti Penting Corporate Social Responsibility (2) – Fisipol UMY. Https://Fisipol.Umy.Ac.Id/. https://fisipol.umy.ac.id/arti-penting-corporate-social-responsibility-2/
Saridewi, S. P., Susila, G. P. A. J., & Yudiatmaja, F. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Dividen, Leverage, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 15–23. https://doi.org/10.35829/magisma.v5i2.23
Sidhartata, S. D., & Junarti. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Respon Investor dalam Sektor Keuangan. 245–256.
Stacia, E., & Juniarti. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, 3(2), 81–90. http://publication.petra.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/3852
Suastha, R. D. (2016). Riset Temukan Kualitas CSR Perusahaan Indonesia Rendah. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160721074144-20-146030/riset-temukan-kualitas-csr-perusahaan-indonesia-rendah
Suastha, R. D. (2022). Asean CSR - Riset Temukan Kualitas CSR Perusahaan Indonesia Rendah. https://www.asean-csr-network.org/c/news-a-resources/media-coverage/920-riset-temukan-kualitas-csr-perusahaan-indonesia-rendah
Sunyoto, D. (2016). Metodologi penelitian akuntansi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Trianti, K., Rahmawati, N. M., & Aini, Y. N. (2021). The Impact of Research and Development Spending on Firm Value Moderated by Product Diversification. Budapest International Research and Critics Institute Journal, 6648–6659. http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/2480
Wahyuni, L., & Cheisviyanny, C. (2023). Analisis Praktik Corporate Social Responsibility (CSR) Saat Pandemi Covid-19 pada Perusahaan Farmasi. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 5(3), 1065–1083. https://doi.org/10.24036/jea.v5i3.794
www.indocement.co.id. (2024). PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. https://www.indocement.co.id/
www.nccr.id. (2024). National Center for Corporate Reporting. https://nccr.id/
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Marci Fadillah D, Achmad Hizazi, Rico Wijaya Z

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.