PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING
DOI:
https://doi.org/10.22437/jaku.v6i1.13165Keywords:
Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Nilai PerusahaanAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating. Fokus dari penelitian ini adalah perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah content analysis. Analisis data untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah uji statistic parameter individual (Uji t) dan koefisien determinasi (r2) dengan menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) variabel corporate social responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (2) Variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh negative signifikan terhadap nilai perusahaan (3) Ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Downloads
References
Ayem, S, & Jaimatun, N. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara. Vol. 1 (2)
Brigham, E. F, & Houston, J. F. 2011. Dasar- dasar Manajemen Keuangan. Edisi 11, Buku-1. Jakarta: Salemba Empat
Cheng, M & Christiawan, Y. J. 2011. Pengaruh pengungkapan Corporate Social responsibility terhadap abnorman return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 13 (1)
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Diponegoro: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Husnan, S. 2000. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan Keputusan jangka Panjang.Yogyakarta: BPFE
Januarti, I, & Dini, A. 2005. Pengaruh tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Maksi. Vol.5, (2)
Karundeng, F. Nangoi, B. G. & Karamoy, H. 2017. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas, Kepemilikan Manjemen Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing Goodwill. Vol. 8 (2)
Kotler, P, & Waldemar, P. 2008. B2B Brand Management: Dengan Branding Membangun Keunggulan dan memenangi Kompetisi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Lako, A.2011. Dekonstruksi CSR dan Reformasi Paradigma Bisnis dan Akuntansi. Jakarta: Erlangga
O’Donovan, G. 2002. Environmental Disclosures in The annual report Accounting, Auditing & Accountability Journal. Vol. 15 (3)
Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
Putri, A. K. Sudarma, M & Purnomosidhi, B. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM). Vol. 14 (2)
Pohan, H. T, Noor, I. N & Bhakti, Y. F. 2018. Pengaruh profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Socil Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti. Vol. 5, No. 1
Rumajar, D. U. N. 2018. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. JOM FEB. Vol.1.
Rosdwianti, M. K. Dzulkirom A.R., & Zahroh Z. A. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Baramg Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013- 2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 38 (2)
Rosiana, G. A., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi. Vol. 5 (3). Universitas Udayana, Bali.
Sarvaes, H. & Tamayo, A. 2012. The Impact of Corporate Social Responsibility on Firm Value: The Role of Customer Awareness. Forthcoming, Management Science.
Sembiring, E. R. 2005. Karakteristik Perusahaan dan pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Maksi. Vol. 6 (1)
Undang – undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas pasal 74.
Wijayanti, T., & Prabowo, M. A. 2011. Pengaruh CorporateSocial Responsibility terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tona Aurora Lubis, Dinda Rehanil A, Agus Solikhin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.