AUTHOR GUIDELINES

PANDUAN PENULIS

A. Panduan Umum
1. Artikel yang dikirim ke Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) adalah hasil karya asli pengarang dan bebas dari unsur plagiarisme;
2. Artikel yang dikirim adalah artikel yang belum pernah diterima dan atau di presentasikan dalam suatu seminar dan belum pernah di publikasikan dalam suatu jurnal;
3. Artikel yang dikirim adalah mengenai hasil penelitian, review dari hasil penelitian, metodologi atau pendekatan baru di bidang akuntansi;
4. Artikel yang dikirim harus mengikuti panduan umum, panduan struktur artikel dan panduan format penulisan. Ketidak patuhan dalam mengikuti panduan-panduan tersebut dapat mengakibatkan artikel anda tidak diterima untuk diproses lebih lanjut – proses review artikel – (dianggap tidak pernah mengirimkan artikel ke JAKU);
5. Setiap artikel yang dikirimkan (upload) harus memuat 2 (dua) buah file dengan rincian sebagai berikut:
a) File “halaman judul” yang berisi: judul artikel, nama penulis (ditulis secara lengkap disertai dengan institusi penulis dan alamat email), abstrak dan kata kunci. File dibuat dalam format MS Word.
b) File “full artikel (manuscript)” yang berisi: full artikel (manuscript) yang memiliki judul, abstrak, judul artikel, nama penulis (ditulis secara lengkap disertai dengan institusi penulis dan alamat email), abstrak dan kata kunci. File dibuat dalam format MS Word dan PDF.
6. Seluruh naskah harus dikirimkan ke editor JAKU melalui online submission pada alamat: https://online-journal.unja.ac.id/jaku/. Artikel tidak dikirim melalui alamat email.

B. Panduan Struktur Artikel
Artikel yang di Submit ke JAKU harus memenuhi struktur penulisan sebagai berikut: a) judul dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia; b) nama-nama penulis; c) institusi penulis; d) email; e) abstrak dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia; f) pendahuluan; g) tinjauan pustaka, kerangka pemikiran dan hipotesis; h) metodologi penelitian; i) hasil dan pembahasan; j) simpulan dan saran; k) daftar referensi (teori/kepustakaan/hasil penelitian sebelumnya yang dikutip tidak menjadi bagian terpisah, tetapi dimasukkan dalam bagian pendahuluan maupun hasil dan pembahasan.
1. Abstrak, harus ringkas tetapi informatif. Ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah kata maksimal 200 kata. Abstrak mengandung tujuan, hipotesis, metodologi penelitian, hasil penelitian. Tidak mengandung rujukan pustaka, rujukan pada tabel ataupun grafik. Abstrak disertai 3 hingga 5 kata kunci untuk keperluan pengindeksan. Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai abstrak dalam Bahasa Inggris.
2. Pendahuluan, mengandung latar belakang, tujuan penelitian, dan pertanyaan penelitian.
3. Tinjauan pustaka, adalah peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature) masalah judul penelitian.
4. Metodologi penelitian, adalah ringkasan mengenai materi dalam penelitian, meliputi subyek penelitian, alat yang digunakan, desain yang digunakan, teknik meliputi teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi dan sebagainya.
5. Hasil dan Pembahasan:
a) Tidak dipisahkan mengingat terbatasnya jumlah halaman yang tersedia bagi penulis.
b) Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal.
c) Judul tabel dan grafik atau keterangan gambar disusun dalam bentuk frase (bukan kalimat) secara ringkas.
d) Keterangan gambar/grafik diletakkan di bawah gambar/grafik tersebut, sedangkan judul tabel diletakkan di atasnya. Judul diawali dengan huruf kapital.
e) Materi pembahasan terutama mengupas apakah hasil yang didapat sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya.
f) Pengutipan rujukan dalam pembahasan jangan terlalu panjang (bila perlu dihindari).
g) Pergunakan rujukan yang up to date yaitu buku-buku 10 tahun terakhir dan jurnal 5 tahun terakhir.
6. Simpulan dan saran. Simpulan hendaknya merupakan jawab atas pertanyaan penelitian, sementara keterbatasan dan saran penelitian untuk penelitian selanjutnya.
7. Penulisan referensi. Penulisan daftar referensi dan sitasi menggunakan APA style. Untuk lebih memahami penggunaan APA style silakan mengacu ke http://www.bibme.org/apa. Penulisan referensi terdiri dari ketentuan umum penulisan referensi dan ketentuan penulisan rujukan berdasarkan jenis rujukan.
a) Ketentuan umum penulisan referensi:
- Daftar referensi artikel hasil penelitian dirujuk dari 10 sampai dengan 15 artikel jurnal ilmiah.
- Kemutakhiran jurnal ilmiah sebagai referensi sekurang-kurangnya merupakan hasil publikasi yang relevan dalam 5 tahun terakhir. Sedangkan buku-buku yang relevan sebagai rujukan adalah 10 tahun terakhir.
- Daftar referensi disusun secara alfabetis berdasarkan urutan abjad nama penulis.
- Nama penulis yang ditampilkan adalah nama akhir penulis dan diikuti dengan singkatan nama awal dan nama tengah jika ada. Jika penulisnya lebih dari satu orang, maka cara penulisannya sama.
- Penulisan judul rujukan di awali dengan huruf kapital (hanya pada awal kalimat).
- Setiap penulisan nama, tahun, judul artikel dan seterusnya diakhiri dengan titik (.) sebelum dilanjutkan kata berikutnya. Khusus penulisan volume (nomor) jurnal diberi tanda titik dua (:) tanpa jarak spasi. Contoh-contoh penulisan dapat dilihat pada penjelasan setiap jenis pustaka yang layak dirujuk.
b) Ketentuan penulisan rujukan berdasarkan jenis rujukan:
- Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam jurnal ilmiah, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul artikel. nama jurnal. volume (nomor): halaman (nama jurnal diketik miring).
Contoh:
Adi, P.H. 2007. Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). Jurnal Akuntansi Keuangan dan Sektor Publik. 08 (1) : 1-10.
- Apabila sumber pustaka berupa buku teks , ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun, judul buku. volume (jika ada). edisi (jika ada). kota penerbit: nama penerbit (judul buku dicetak miring).
Contoh:
Abdul. H, Muhammad. S.K. 2012. Teori, Konsep dan Aplikasi Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.
- Apabila sumber pustaka berupa buku terjemahan ditulis mengikuti urutan: nama penulis asli. tahun buku terjemahan. judul buku terjemahan. volume (jika ada). edisi (jika ada). terjemahan. kota penerbit: nama penerbit (judul buku dicetak miring).
Contoh:
Steel, R.G.D & Torrie, J.H. 1991. Prinsip dan prosedur statistika. Suatu pendekatan biometrik. Terjemahan B. Sumantri. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
- Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam buku kumpulan artikel ditulis mengikuti urutan: nama penulis artikel. judul artikel. dalam: nama editor jika ada diikuiti Ed (jika tunggal) atau Eds (jika lebih dari satu) dalam tanda kurung. tahun. judul buku. volume (jika ada). edisi (jika ada). kota penerbit: nama penerbit (judul buku dicetak miring).
Contoh:
Ancok, D. Validitas dan reliabilitas instrument penelitian. dalam: Singarimbun M dan Efendi (Eds). 1999. metode penelitian survey.Jakarta: LP3ES
- Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam prosiding ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul naskah seminar. judul prosiding. tempat penyelenggaraan seminar. waktu penyelenggaraan (judul artikel dicetak miring).
Contoh:
McKenzie LJ, Yoshida RL. 2009. Seagrass-watch. In: Proceedings of a Workshop for Monitoring Seagrass Habitats in Indonesia. The Nature Concervancy, Coral Triangle Center, Sanur, Bali, 9thMay2009
- Apabila sumber pustaka berupa karya ilmiah yang tidak dipublikasikan (misal: tesis, disertasi dan laporan penelitian), ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul laporan penelitian. nama proyek penelitian. kota penerbit: instansi penerbit/lembaga (tesis/disertasi/laporan penelitian dicetak miring).
Contoh:
Nurkemala. 2011. Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah, Budaya dan Komitmen Ogranisasi sebagai Variabel Moderating pada Pemerintah Daerah Kabupaten Serdang Bedagai. Tesis. Sumatera Utara: Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
- Apabila sumber pustaka berupa artikel dalam surat kabar/majalah umum, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul artikel. nama surat kabar/majalah. kota, tanggal terbit dan halaman (judul artikel dicetak miring).
Contoh:
Turner, Hulme. 1997. Governance, Adminsitration, and Development. MacMillan Press. London. 4 Januari. Hlm.27
- Apabila sumber pustaka berupa artikel jurnal online, ditulis dengan urutan: nama penulis, tahun. judul artikel. nama jurnal. volume (nomor): halaman (nama jurnal dicetak miring).
Contoh:
Widowati, S., dan D. Rachmawati. 2017. Analisis Pengaruh Arus Kas Operasi, Laba, Kepuasan Karyawan, dan Kepuasan Pelanggan untuk Mempred-iksikan Arus Kas Operasi Masa Depan. Skripsi. Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. 15 (2): 1-10
- Apabila sumber pustaka berupa artikel online (internet) tanpa tempat terbit dan penerbit, ditulis mengikuti urutan: nama penulis. tahun. judul artikel. diunduh di alamat website tanggal (judul artikel dicetak miring).
Contoh:
Levy, M. 2000. Enviromental scarcity and violent conflict: a debate. Diunduh di http://wwics.si.edu/organiza/affil/WWICS/PROGRAMS/DIS/ECS/report2/debate.htm tanggal 4 Juli 2002.
8. Informasi lebih lanjut silakan download template jurnal di sini

C. Panduan Format Penulisan
1. Naskah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Artikel ditulis tidak lebih (maksimal) 8.000 kata, atau sekitar 15 halaman, termasuk daftar referensi.
2. Naskah ditulis dengan layout menggunakan 2 kolom, dengan ukuran colom width: 7,29 cm dan spacing: 0,58 cm.
3. Artikel diketik dalam satu spasi dengan huruf Times New Roman ukuran 10 Point pada kertas A4 (8.27” x 11,69”) satu sisi.
4. Batas atas, bawah, sisi kiri, sisi kanan sekurang kurangnya 2,29 cm.
5. Semua halaman termasuk tabel, lampiran, dan referensi harus diberi nomor urut halaman.
6. Judul dan abstrak dimuat pada halaman pertama dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
7. Table atau gambar diletakkan di dalam body artikel/manuscript, tidak terpisah dari body manuscript.
8. Penulisan judul (headings) suatu bagian artikel adalah sebagai berikut:
Judul utama ditengah, dicetak tebal, dan huruf besar. Judul tingkat dua ditengah, dicetak tebal serta huruf besar dan huruf kecil. Judul tingkat tiga ditengah, dicetak tebal dan italic, serta huruf besar dan huruf kecil. Judul tingkat empat ditengah, dicetak italic, serta huruf kecil (kecuali pada huruf pertama).