Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Pengelolaan Terhadap Praktik Manajemen Laba Riil Melalui Asimetri Informasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Dalam Indeks LQ-45 Tahun 2013 – 2017)

Authors

  • Merry Wiraswasti S Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Mukhzarudfa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Tona Aurora L Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v4i3.8138

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh struktur kepemilikan dan struktur pengelolaan terhadap praktik manajemen laba riil yang dimediasi oleh asimetri informasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 yang listing dari tahun 2013 - 2017 di Bursa Efek Indonesia. Teknik penarikan sampel penelitian adalah dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel dipilih atas dasar kesesuaian karakteristik sampel dengan kriteria pemilihan sampel yang ditentukan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepemilikan memiliki pengaruh langsung terhadap asimetri informasi tetapi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap manajemen laba riil, sedangkan struktur pengelolaan memiliki pengaruh langsung terhadap terhadap asimetri informasi dan manajemen laba riil. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa struktur kepemilikan dan struktur pengelolaan memiliki pengaruh tidak langsung terhadap manajemen laba riil yang dimediasi oleh asimetri informasi.

Kata Kunci: Manajemen laba riil, struktur kepemilikan, struktur pengelolaan, dan asimetri informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-23 — Updated on 2019-09-23

How to Cite

Wiraswasti S, M., Mukhzarudfa, & Aurora L, T. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Struktur Pengelolaan Terhadap Praktik Manajemen Laba Riil Melalui Asimetri Informasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Perusahaan Dalam Indeks LQ-45 Tahun 2013 – 2017). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(3), 68-80. https://doi.org/10.22437/jaku.v4i3.8138

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>