Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Malaysia dan Singapura Periode

Authors

  • Meri Novita Sari Program Studi Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Mukhzarudfa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Yudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v4i2.7797

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang (1) Pengaruh Pengungkapan Corporate social responsibility secara parsial terhadap nilai perusahaan perkebunan, (2) pengaruh profitabilitas secara parsial terhadap nilai perusahaan perkebunan, (3) pengaruh pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas dimoderasi oleh pengungkapan media secara simultan terhadapnilai perusahaan perkebunandan (4) perbedaan pengaruh pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas yang dimoderasi oleh pengungkapan media pada nilai perusahaan perkebunan yang go public di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Jenis penelitian ini yaitu causal explanatory dengan populasi penelitian sebanyak 37 perusahaan.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 10 perusahaan. Metode analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana dan regresi berganda dengan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengungkapan Corporate social responsibility secara parsial berpengaruh terhadap nilaiperusahaan perkebunan, (2) Profitabilitas secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan perkebunan, (3) Pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas dimoderasi oleh pengungkapan media berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan perkebunan, dan (4) Terdapat perbedaan pengaruh pengungkapan Corporate social responsibility dan profitabilitas yang dimoderasi oleh pengungkapan media pada perusahaan perkebunan yang terdaftar di bursa efek indonesia, malaysia dan singapura. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah perbedaan sudut pandang peneliti dalam membaca laporan pengungkapan pertanggungjawaban karena perusahaan memiliki sudut pandang yang berbeda-beda dalam pelaporan.

Kata Kunci : CSR, Profitabilitas, Media Exposure, Nilai perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-20 — Updated on 2019-06-20

How to Cite

Sari, M. N., Mukhzarudfa, & Yudi. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Media Exposure Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Malaysia dan Singapura Periode . Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(2), 68-75. https://doi.org/10.22437/jaku.v4i2.7797

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>