Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial (Studi Pada Kecamatan Pemekaran di Provinsi Jambi)

Authors

  • Muhammad Iqbal Program Studi Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Afrizal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • yudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v4i2.7795

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja manajerial pada Kecamatan Pemekaran di Provinsi Jambi. Sampel yang digunakan sebanyak 73 responden yang merupakan para camat, sekretaris camat, kepala seksi atau kasubag. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis jalur, uji nilai selisih mutlak dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan partisipasi penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran, komitmen organisasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Secara parsial, komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Sedangkan partisipasi penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran dan gaya kepemimpinan masing-masing berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Budaya organisasi hanya memoderasi pengaruh kejelasan sasaran anggaran dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial.

Kata Kunci:       Partisipasi Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran, Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja Manajerial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-20 — Updated on 2019-06-20

How to Cite

Iqbal, M., Afrizal, & yudi. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial (Studi Pada Kecamatan Pemekaran di Provinsi Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(2), 41-52. https://doi.org/10.22437/jaku.v4i2.7795

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>