Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Leverage dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan yang Go Public dan Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  • Martha Yurdila J Magister Ilmu Akuntansi
  • Mukhzarudfa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Wiralestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dewan komisaris, leverage dan pengungkapan media terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) pada perusahaan yang go public dan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2017 yang menerbitkan annual reports periode 2013-2017. Perusahaan sample pada penelitian ini adalah sebanyak 66 perusahaan setelah dilakukan purposive sampling. Pemilihan variabel didalam penelitian ini didasarkan atas hasil jurnal-jurnal penelitian terdahulu yang menunjukkan hasil yang inkonsisten terhadap faktor- faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR. Pengukuran dari corporate social responsibility didasarkan pada pengkategorian Global Report Index (GRI) 4 yang terlihat didalam annual reports perusahaan.

     Sample didalam penelitian ini adalah perusahaan yang go public dan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2017 yang menerbitkan annual reports periode 2013-2017. Metode pengambilan sample adalah menggunakan purposive sampling. Profitabilitas diukur berdasarkan return on asset (ROA), ukuran perusahaan diukur berdasarkan total asset, dewan komisaris diukur berdasarkan banyaknya jumlah anggota dewan komisaris, leverage diukur berdasarkan debt asset to ratio (DAR) dan pengungkapan media diukur berdasarkan kegiatan CSR yang diungkapkan di website perusahaan. Metode analisis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah asumsi klasik yang menggunakan uji hipotesis metode regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial melalui uji t profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR sedangkan ukuran perusahaan, dewan komisaris, leverage dan pengungkapan media berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Secara simultan melalui uji f didapatkan hasil penelitian bahwa profitabilitas, ukuran perusahaan, dewan komisaris, leverage dan pengungkapan media secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.

Kata Kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, dewan komisaris, leverage, pengungkapan media.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-27
How to Cite
Yurdila J, M., Mukhzarudfa, & Wiralestari. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris, Leverage dan Pengungkapan Media Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan yang Go Public dan Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(4), 11-25. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jaku/article/view/8444