Pengaruh Penerapan SAP, Kompetensi SDM dan SPIP Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dengan Akuntabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris di Kota Jambi)

Authors

  • Dwi Febri S Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Sri Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Wiralestari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v4i3.8136

Abstract

ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan SAP, Kompetensi SDM, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Akuntabilitas sebagai variabel intervening. Unit analisis penelitian ini pada Oganisasi Perangkat Daerah Kota Jambi. Sampel penelitian sebanyak 64 responden OPD di Kota Jambi dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner yang berisikan 59 item pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa analisis jalur (path analysis) dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SAP dan SPIP melalui Akuntabilitas berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan, sedangkan Kompetensi SDM melalui Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap Kualitas Laporan Keuangan.

Kata kunci: Penerapan SAP, Kompetensi SDM, SPIP, Akuntabilitas, Kualitas Laporan Keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-23 — Updated on 2019-09-23

How to Cite

Febri S, D., Rahayu, S., & Wiralestari. (2019). Pengaruh Penerapan SAP, Kompetensi SDM dan SPIP Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dengan Akuntabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris di Kota Jambi). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(3), 38-52. https://doi.org/10.22437/jaku.v4i3.8136

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>