Pengaruh Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Profitabilitas, dan Ukuran Bank Terhadap Likuiditas (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 - 2018)

Authors

  • Marizha Dwi R PT Bank 9 Jambi
  • Sri Rahayu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Ilham Wahyudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v5i2.10260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti secara empiris pengaruh kecukupan modal, risiko kredit, profitabilitas, dan ukuran bank secara simultan terhadap likuiditas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2013 - 2018. Teknik penarikan sampel penelitian adalah dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel dipilih atas dasar kesesuaian karakteristik sampel dengan kriteria pemilihan sampel yang ditentukan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan rasio; kecukupan modal, risiko kredit, profitabilitas, dan ukuran bank, memiliki pengaruh secara simultan terhadap rasio likuiditas. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa hanya rasio profitabilitas yang memiliki pengaruh signifikan terhadap rasio likuiditas, sedangkan tiga rasio lainnya yaitu rasio kecukupan modal, risiko kredit dan ukuran perusahaan yang tidak memiliki pengaruh pada rasio likuiditas perusahaan perbankan.

Kata Kunci:   Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Profitabilitas, Ukuran Bank, Likuiditas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-29

How to Cite

Marizha Dwi R, Sri Rahayu, & Ilham Wahyudi. (2020). Pengaruh Kecukupan Modal, Risiko Kredit, Profitabilitas, dan Ukuran Bank Terhadap Likuiditas (Studi Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 - 2018). Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 5(2), 90-100. https://doi.org/10.22437/jaku.v5i2.10260

Most read articles by the same author(s)