Evaluasi Kinerja Keuangan dan Pelayanan Universitas Jambi Dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum

  • Liona Efrina S Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Enggar Diah P A Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Tona Aurora L Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
Keywords: Kinerja Keuangan, Kinerja Pelayanan, Institutional Work, Badan Layanan Umum

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) kinerja keuangan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum, (2) kinerja pelayanan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum (3) kendala yang dihadapi oleh Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus berbasis paradigma interpretatif dengan mengaplikasikan institutional work theory. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi dan wawancara selama penelitian di lapangan, sedangkan data sekunder didasarkan pada penelitian pustaka dan kerangka teoritis yang digunakan dalam membantu penyelesaian masalah. Wawancara semi terstruktur dilakukan terhadap 14 narasumber yang berasal dari Universitas Jambi. Thematic analysis dan triangulasi sumber data dilakukan untuk menganalisis data dari literatur, dan hasil wawancara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan BLU UNJA dianalisa menggunakan institutional work theory masuk kedalam kategori undermining assumptions and beliefs untuk disrupting work  mimicry, theorizing, dan educating untuk creating work, dan juga enabling, policing, dan deterring untuk maintaing work.

Terdapat beberapa hal yang menjadi evaluasi bagi UNJA dalam menerapkan BLU, antara lain; pola pikir organisasi, terkait kesadaran,  jumlah dan kompetensi SDM, serta sistem. Kinerja Keuangan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum hingga saat ini dinyatakan sudah cukup baik, dan telah mencapai target yang diinginkan. Kinerja Pelayanan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum terdiri dari pelayanan baik dalam akademik, maupun administrasi dan hingga saat ini telah berada dalam posisi yang cukup baik.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Kinerja Pelayanan, Institutional Work , Badan Layanan Umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirya, Mirna., Ali Djamhuri., dan Unti Ludigo. 2012. Pengembangan Sistem Anggaran Dan Akuntansi Badan Layanan Umum Universitas Brawijaya:Perspektif Institusionalis. Jurnal Akuntansi Multiparadigma Vol. 3, No. 3 Hal. 334-501 Desember. ISSN 2086-7603
Choi, Jin-Wook. 2016. New Public Management or Mismanagement? The Case of Public Service Agency of Indonesia. Journal of Government and Politics Vol 7, No 1, February.
Creswell, J. W. 2014. Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed). Thousand Oaks,CA: Sage Publications, Inc.
Direktorat PPK BLU. 2014. Arsip Konsultasi. Melalui http://www.ppkblu.depkeu.go.id/index.php/baca/berita/44/arsip-konsultasi diakses pada tanggal 11 Maret 2019
Effendi, S. 2003. Pengelolaan Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Global. Melalui http://sofian.staff.ugm.ac.id/artikel/Effendi diakses pada tanggal 11 Maret 2019
Ernitati. 2016. Analisis Kinerja Universitas Berstatus Badan Layanan Umum (Blu) (Studi Kasus pada UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Pekbis Jurnal, Vol.8, No.1, Maret: 44-52
Husain, Nirwati., Grace B. Nangoi., dan Hendrik M. 2017. Implementasi Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Dan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) Pada Laporan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Tani Dan Nelayan Pemerintah Daerah Kabupaten Boalemo. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing "Goodwill" Vol 8, No 2.
Julia, Taufik dan Antar MT Sianturi. 2016. Pengaruh Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (Pk-Blu) Terhadap Kinerja Finansial, Kinerja Non Finansial Dan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus Pada: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
LAN & BPKP. 2000. Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara
Lawrence, T., and Shadnam, M. 2008. Institutional Theory. Oxford: Blackwell Publishing.
Lawrence, T., and Suddaby, R. 2006. Institutions and Institutional Work. London: Sage.
Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.
Pahala, Indra., Made Sudarma., Sutrisno., dan Rosidi. 2016. Financial Accountability on Public Service Agency (BLU): Phenomenological study at the State University of Jakarta. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 5, No. 2, pp.11-27, April. ISSN: 2414-6722
Puspadewi, Febriana dan Rosidi. 2012. Analisis Implementasi Pengelolaan Keuangan Blud Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Nganjuk. Jurnal Ilmiah FEB Universitas Brawijaya. Vol. 2 No. 2
Pfeffer, J. 1982. Organizations and Organizations Theory. Boston: Pittman
Rencana Strategis Bisnis Universitas Jambi 2017-2021
Santi, Elfitri., lrda Rosita. 2009. lmplementasi dan Kendala Penerapan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (BLU). Jurnal Akuntansi & Manajemen vol 4 No. 2 Desember 2009 lssN .l g58-3687 hal 41-54
Sekaran, U., and Bougie, R. 2013. Research Methods for Business- 6th Edition. Hoboken: John Wiley and Sons, Inc.
Selznick, Philip. 1996. Institutionalism “Old” and “New”. Administrative Science Quarterly Vol. 41, No. 2, pp. 270-277.
Sri, Pujiningsih. 2015. Public Service Agency (Badan Layanan Umum) of State University as a Model of NPM in Indonesia: Habermasian Perspective. Research Journal of Finance and Accounting ISSN 2222-1697 (Paper) ISSN 2222-2847 (Online) Vol.6, No.16, 2015
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thornton, Patricia H., and William Ocasio. 2008. Institutional logics. SAGE Handbook of Organizational Institutionalism, pp. 99-129. Thousand Oaks, CA: Sage.
Triprasetya, A. Sunuwata., Laksono T., dan Ni Luh Putu E. 2014. Analisis Kesiapan Penerapan Kebijakan Badan Layanan Umum Daerah (Blud) Puskesmas Di Kabupaten Kulon Progo (Studi Kasus Di Puskesmas Wates Dan Puskesmas Girimulyo Ii Kabupaten Kulon Progo). Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia Volume 03 No. 03 September, Halaman 124 – 137.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
Yin, R. K. 2014. Case Study Research : Design and Methods (5ed.). United States: SAGE Publications, Inc.
Zamili, Moh. 2015. Menghindar Dari Bias: Praktik Triangulasi Dan Kesahihan Riset Kualitatif. Jurnal Lisan Al-Hal, Vol. 7, No. 2, Desember. Researchgate
Published
2019-09-23
How to Cite
Efrina S, L., Diah P A, E., & Aurora L, T. (2019). Evaluasi Kinerja Keuangan dan Pelayanan Universitas Jambi Dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(3), 53-67. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jaku/article/view/8137