Evaluasi Kinerja Keuangan dan Pelayanan Universitas Jambi Dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum

Authors

  • Liona Efrina S Alumni Magister Ilmu Akuntansi Pascasarjana Universitas Jambi
  • Enggar Diah P A Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Tona Aurora L Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v4i3.8137

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) kinerja keuangan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum, (2) kinerja pelayanan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum (3) kendala yang dihadapi oleh Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus berbasis paradigma interpretatif dengan mengaplikasikan institutional work theory. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi dan wawancara selama penelitian di lapangan, sedangkan data sekunder didasarkan pada penelitian pustaka dan kerangka teoritis yang digunakan dalam membantu penyelesaian masalah. Wawancara semi terstruktur dilakukan terhadap 14 narasumber yang berasal dari Universitas Jambi. Thematic analysis dan triangulasi sumber data dilakukan untuk menganalisis data dari literatur, dan hasil wawancara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan BLU UNJA dianalisa menggunakan institutional work theory masuk kedalam kategori undermining assumptions and beliefs untuk disrupting work  mimicry, theorizing, dan educating untuk creating work, dan juga enabling, policing, dan deterring untuk maintaing work.

Terdapat beberapa hal yang menjadi evaluasi bagi UNJA dalam menerapkan BLU, antara lain; pola pikir organisasi, terkait kesadaran,  jumlah dan kompetensi SDM, serta sistem. Kinerja Keuangan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum hingga saat ini dinyatakan sudah cukup baik, dan telah mencapai target yang diinginkan. Kinerja Pelayanan Universitas Jambi dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum terdiri dari pelayanan baik dalam akademik, maupun administrasi dan hingga saat ini telah berada dalam posisi yang cukup baik.

Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Kinerja Pelayanan, Institutional Work , Badan Layanan Umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-09-23 — Updated on 2019-09-23

How to Cite

Efrina S, L., Diah P A, E., & Aurora L, T. (2019). Evaluasi Kinerja Keuangan dan Pelayanan Universitas Jambi Dalam Penerapan Pola Keuangan Badan Layanan Umum. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 4(3), 53-67. https://doi.org/10.22437/jaku.v4i3.8137