Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Institusional dan Asimetri Informasi Terhadap Cost of Equity Capital Dengan Nilai Buku Ekuitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Non Lembaga Keuangan Dalam Indeks Lq-45 Tahun 2015 - 201

Authors

  • Edison Vain S PT Bank 9 Jambi
  • Afrizal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
  • Yudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v5i2.10262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate social responsibility, kepemilikan institusional dan asimetri informasi terhadap cost of equity capital dengan nilai buku ekuitas sebagai variabel moderasi pada perusahaan non lembaga keuangan dalam indeks LQ-45 tahun 2015 – 2018. Penelitian ini bertujuan mengetahui pola hubungan kausal antara variabel independen dan variabel dependen pada 26 perusahaan non lembaga keuangan yang tergabung dalam LQ-45 dari tahun 2015 – 2018, dengan menggunakan data sekunder, pendekatan kuantitatif dan analisis menggunakan regresi data panel.

Pengungkapan Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap Cost of Equity Capital.  Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap cost of equity capital. Asimetri informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap cost of equity capital. Interaksi antara nilai buku ekuitas dengan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap cost of equity capital. Interaksi antara nilai buku ekuitas dengan kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap cost of equity capital. Interaksi antara nilai buku ekuitas dengan asimetri informasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap cost of equity capital.

Kata Kunci:   Cost of Equity Capital, Corporate Social Responbility, Kepemilikan Institusional, Asimetri Informasi, Nilai Buku Ekuitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-07-29

How to Cite

Edison Vain S, Afrizal, & Yudi. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Institusional dan Asimetri Informasi Terhadap Cost of Equity Capital Dengan Nilai Buku Ekuitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan Non Lembaga Keuangan Dalam Indeks Lq-45 Tahun 2015 - 201. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 5(2), 115-131. https://doi.org/10.22437/jaku.v5i2.10262

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>