This is an outdated version published on 2017-11-27. Read the most recent version.

Keefektifan Alat Peraga Kartu Kotif Dalam Memudahkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4212

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan alat peraga KOTIF (Kartu Positif Negatif dan Koin Positif Negatif) dapat memudahkan pemahaman siswa pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian adalah siswa kelas VII Phytagoras dan VII Archimedes yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari 5 nomor item soal essay (pre tes dan post tes), lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta angket untuk mengetahui keefektifan alat peraga KOTIF. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa dikelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan alat peraga Koin Positif Negatif yaitu sebesar 72,58 dan 84,50. Sedangkan dikelas kontrol rata-rata hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan alat peraga Kartu Positif Negatif yaitu sebesar 69,66, dan 81,88. Untuk hasil analisis inferensial diperoleh nilai sig. = 0,01 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga nilai Sig. < 0,05 atau 0,001 < 0,05 berarti HO ditolak dan H1 diterima. Ini berarti Pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga Koin Positif Negatif dikelas eksperimen yang terbuat dari tutup botol lebih efektif daripada Kartu Positif Negatif yang terbuat dari kertas dikelas kontrol.

 

Kata kunci :Alat Peraga, Kartu dan koin KOTIF, Pemahaman konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-11-27

Versions

How to Cite

Keefektifan Alat Peraga Kartu Kotif Dalam Memudahkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkajene. (2017). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 11-21. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i02.4212

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>