This is an outdated version published on 2013-10-15. Read the most recent version.

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1581

Abstract

ABSTRAK

 

Keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IX SMPN 24 Kota Jambi sangatlah kurang, hal ini disebabkan karena materi pembelajaran matematika masih di dominan menggunakan metode yang konvensional sehingga rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu 50. Untuk mengatasi permasalahan diatas, maka pembelajaran menggunakan metode belajar aktif tipe quiz team merupakan salah satu alternatif yang dapat dilaksanakan dengan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IX SMPN 24 Kota Jambi pada materi persamaan kuadrat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dapat meningkat dengan menggunakan metode belajar aktif tipe Quiz Team pada materi Persamaan Kuadrat. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa pada materi Persamaan Kuadrat meningkat dengan menggunakan metode belajar aktif tipe Quiz Team.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan kuadrat, dengan menggunakan metode belajar aktif tipe quiz team yang dilaksanakan dalam beberapa siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan,pelaksanaaan tindakan,observasi, dan refleksi.

Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan ulangan atau evaluasi  dalam  postest serta dilengkapi dengan lembar pengamatan terhadap siswa dan guru melalui lembar observasi.  Berdasarkan pengolahan data terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 23 siswa sebelum melaksanakan tindakan sebesar 5,9 pada siklus I menjadi 7,4  pada siklus III. Sedangkan prosentase ketuntasan klasikalnya meningkat dari 65,2% pada siklus I menjadi 86,95% pada siklus III. Dengan demikian penggunaan metode belajar aktif tipe quiz team dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci : Hasil belajar, Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-10-15

Versions

How to Cite

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi. (2013). Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02). https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i02.1581

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2