Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng untuk Raudhatul Athfal
Main Article Content
Abstract
Perkembangan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan video pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan fabel untuk RA dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: 1) hasil validasi draf ahli diperoleh nilai 80% memenuhi syarat sangat layak dengan Keputusan Tidak perlu direvisi 2) Hasil validasi para ahli media diperoleh nilai 78,8% yang memenuhi syarat layak dengan keputusan yang perlu direvisi, dan revisi telah dilakukan, 3) hasil validasi ahli material diperoleh sebuah Nilai 80% memenuhi syarat sangat layak dengan keputusan tidak perlu direvisi; (2) Keefektifan pembelajaran berbasis video berbasis pembelajaran berdasarkan fabel untuk program pengujian RA, meliputi uji coba seorang guru yang memperoleh nilai 92% berkualifikasi sangat efektif dalam menyampaikan pendidikan karakter material; (3) penggunaan pembelajaran berbasis video berbasis pembelajaran berdasarkan uji coba lapangan, meliputi: 1) uji coba individu diperoleh 84,7%, 2) uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 80%, 3) kelompok percobaan memperoleh nilai 80% Memenuhi syarat sebagai pembelajaran video yang bagus dan video ini bisa digunakan oleh peserta didik secara individu maupun klasik.
The development of research results shows that: (1) the process of developing fable-based character education learning videos for RA is carried out in several stages, namely: 1) the results of the validation of the expert draft obtained a value of 80% fulfilling the very feasible requirements with Decision No need to be revised 2) Results of validation media experts obtained a value of 78.8% who met the eligibility requirements with decisions that need to be revised, and revisions have been made, 3) the results of expert material validation obtained a Value of 80% fulfilling the very feasible requirements with the decision not to be revised; (2) The effectiveness of learning-based video-based learning based on fables for RA testing programs, including the trial of a teacher who has a 92% qualification score is very effective in delivering material character education; (3) the use of learning-based video-based learning based on field trials, including: 1) individual trials obtained 84.7%, 2) small group trials obtained a value of 80%, 3) the experimental group obtained 80% score Qualified as learning good video and this video can be used by students individually or classically.