Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng untuk Raudhatul Athfal

Main Article Content

Abstract

Perkembangan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan video pembelajaran berbasis pendidikan karakter dengan fabel untuk RA dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: 1) hasil validasi draf ahli diperoleh nilai 80% memenuhi syarat sangat layak dengan Keputusan Tidak perlu direvisi 2) Hasil validasi para ahli media diperoleh nilai 78,8% yang memenuhi syarat layak dengan keputusan yang perlu direvisi, dan revisi telah dilakukan, 3) hasil validasi ahli material diperoleh sebuah Nilai 80% memenuhi syarat sangat layak dengan keputusan tidak perlu direvisi; (2) Keefektifan pembelajaran berbasis video berbasis pembelajaran berdasarkan fabel untuk program pengujian RA, meliputi uji coba seorang guru yang memperoleh nilai 92% berkualifikasi sangat efektif dalam menyampaikan pendidikan karakter material; (3) penggunaan pembelajaran berbasis video berbasis pembelajaran berdasarkan uji coba lapangan, meliputi: 1) uji coba individu diperoleh 84,7%, 2) uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 80%, 3) kelompok percobaan memperoleh nilai 80% Memenuhi syarat sebagai pembelajaran video yang bagus dan video ini bisa digunakan oleh peserta didik secara individu maupun klasik.


The development of research results shows that: (1) the process of developing fable-based character education learning videos for RA is carried out in several stages, namely: 1) the results of the validation of the expert draft obtained a value of 80% fulfilling the very feasible requirements with Decision No need to be revised 2) Results of validation media experts obtained a value of 78.8% who met the eligibility requirements with decisions that need to be revised, and revisions have been made, 3) the results of expert material validation obtained a Value of 80% fulfilling the very feasible requirements with the decision not to be revised; (2) The effectiveness of learning-based video-based learning based on fables for RA testing programs, including the trial of a teacher who has a 92% qualification score is very effective in delivering material character education; (3) the use of learning-based video-based learning based on field trials, including: 1) individual trials obtained 84.7%, 2) small group trials obtained a value of 80%, 3) the experimental group obtained 80% score Qualified as learning good video and this video can be used by students individually or classically.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng untuk Raudhatul Athfal. (2018). DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v1i1.5838
Section
Articles