Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Menggunakan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Batanghari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis berita dengan menggunakan pendekatan saintifik kelas XI SMA Negeri 6 Batanghari. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan saintifik dalam penelitian ini diterapkan melalui lima tahapan utama, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Data dikumpulkan melalui tes menulis berita, observasi, dan wawancara, yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 orang pada tahun ajaran 2023/2024. Hasil dari penelitian ini menunjukan nilai rata-rata siswa pada prasiklus kurang dari batas KKM yang ditetapkan, yaitu sebesar 75%. Nilai rata-rata pra siklus 65,3 pada siklus I mencapai 72, masih belum mencapai batas ketuntasan minimal yang ditentukan. Pada siklus II mencapai 85,83, sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis berita dengan menggunakan pendekatan saintifik pada siswa kelas XI IPS 2 SMAN 6 Batanghari.
Kata kunci : Kemampuan menulis, berita, pendekatan saintifik
Abstract
This research aims to improve the ability to write news using a scientific approach for class XI SMA Negeri 6 Batanghari. The research method uses a type of classroom action research (PTK) which is carried out in two cycles consisting of planning, implementation, observation and reflection stages. The scientific approach is applied through five main stages, namely observing, asking, gathering information, reasoning and communicating. Data was collected through news writing tests, observations and interviews, which were analyzed descriptively quantitatively and qualitatively. The data source in this research is 32 class XI IPS 2 students in the 2023/2024 academic year. The results of this research show that the average score of students in the pre-cycle is less than the set KKM limit, namely 75%. The pre-cycle average score of 65.3 in cycle I reached 72, still not reaching the specified minimum completion limit. In cycle II it reached 85.83, it had reached the specified completion limit. This shows an increase in the ability to write news using a scientific approach in class XI IPS 2 students at SMAN 6 Batanghari.
Keywords: Writing skills, news, scientific approach
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Enik Mukhoiyaroh Bambang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.